Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pembelajaran Renang Gaya Bebas Dalam Matakuliah Keterampilan Aquatic 1
DOI:
https://doi.org/10.52434/hjse.v2i2.2624Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menerapkan metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada matakuliah keterampilan aquatic 1 yang dapat meningkatkan keterampilan renang gaya bebas dan pembentukan nilai tahapan gerak dalam renang gaya bebas dan apakah metode PBL dapat membentuk pemahaman nilai tahapan belajar gerak setelah dilakukan tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan performance skill test untuk data kuantitatif peningkatan hasil belajar atau hasil keterampilan gerak dan menggunakan observasi, catatan lapangan, dokumentasi untuk data kualitatif pembentukan tahapan belajar gerak. Metode Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi mahaiswa PJKR STKIP Pasundan Cimahi Angkatan 2022 yang berjumlah 630 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Cluster Random Sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan mendapat skor 81-100 setelah tes akhir mengalami kenaikan dari 10 mahasiswa (12%) menjadi 20 mahasiswa (24%), skor 61-80 mengalami kenaikan yaitu 25 mahasiswa (30%) menjadi 28 mahasiswa (34%), skor 41-60 jumlahnya tetap, skor 21-40 mengalami penurunan dari 18 mahasiswa (22%) menjadi 12 mahasiswa (15%), skor 0-20 mengalami penurunan dari 9 mahasiswa (11%) menjadi 2 mahasiswa (2 %), melalui penerapan metode PBL dapat meningkatkan hasil keterampilan gerak dan dapat membentuk tahapan belajar gerak.Downloads
Published
2023-07-01
Issue
Section
Artikel