Pengaruh Metode Pembelajaran Concrete Pictorial Abstrack (CPA) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Kelas V SD

Penulis

  • Alfin Lathifah Universitas Islam Sultan Agung
  • Muhamad Afandi Universitas Islam Sultan Agung

Abstrak

Pembelajaran matematika merupakan suatu proses belajar mengajar yang melibatkan dua jenis kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Kegiatan penelitan pembelajaran matematika pada materi pecahan dilakukan di kelas V SD Islam Al Fatah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana gaya mengajar yang tepat. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan jenis Non-Equivialent Control Group Design. Desain ini membuat dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang peneliti lakukan menggunakan teknik Probability Sampling dengan berdasarkan kelas atau disebut Cluster Sampling. Cluster Sampling adalah teknik pengambolan sampel yang berdasrkan kelas yang sudah ada sebelumnya. Sehingga dari kelas yang terdapat di kelas V SD Islam Al Fatah maka pada penelitian ini dipilih dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 16 siswa sebagai kelas eksperimen (sampel) dan kelas VB sebanyak 15 siswa siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa sebanyak 13 soal berbentuk uraian yang terdiri dari soal pretest dan posstest. Hal ini dibuktikan oleh hasil rata-rata yang diperoleh antara hasil pretest dan posttest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil olah data uji sampel ganda t menghasilkan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005. Ini menunjukkan bahwa Ho tidak diterima dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, pendidik sangat disarankan untuk menggunakan metode pembelajran CPA saat mengajar siswa pada mata Pelajaran matematika. Diharapkan bahwa guru akan mampu mengajar matematika dengan cara yang lebih sesuai dengan dunia nyata anak-anak dengan menggunakan contoh dari benda nyata.

Diterbitkan

2025-08-30