Analisis pemahaman konsep peserta didik menggunakan instrumen four-tier diagnostic test

Penulis

  • Zulkarnaen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sindanita Yulianty Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Noviani Utami Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42324

Abstrak

Penelitian ini berkaitan dengan pemahaman konsep peserta didik yang disesuaikan dengan instrumen four-tier diagnostic test. Kemudian pemahaman konsep yang diteliti dirincikan penjelasannya menjadi subkonsep-subkonsep. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik terhadap konsep perkembangan ektoderm menjadi turunannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik yaitu dengan asesmen diagnostik berupa instrumen four-tier diagnostic test. Instrumen  four-tier diagnostic test terdiri dari 20 pertanyaan pilihan ganda majemuk. Setiap pertanyaan terdiri dari 4 tingkatan: tingkat pertama terkait pertanyaan utama, tingkat kedua terkait kepercayaan diri peserta didik terhadap pertanyaan pertama, tingkat ketiga terkait alasan dari jawaban pertanyaan pertama, dan tingkat keempat terkait kepercayaan diri peserta didik terhadap pertanyaan ketiga. Hasil dari penelitian ini yaitu subkonsep yang belum dikuasai peserta didik yaitu lapisan germinal dengan presentase rata-rata misconception tertinggi dan presentase rata-rata scientific knowledge terendah. Subkonsep yang lebih dikuasai peserta didik yaitu subkonsep perkembangan ektoderm menjadi epidermis dengan presentase rata-rata misconception kedua terendah dan presentase rata-rata scientific knowledge tertinggi. Pada kriteria false negative, false positive, lack of knowledge memiliki presentase rata-rata dengan kategori rendah untuk semua subkonsep. Disebabkan hal tersebut, sebagian kecil peserta didik masih kebingungan dalam memahami konsep perkembangan ektoderm menjadi turunannya.

 

Kata kunci: four-tier diagnostic test, kuantatif deskriptif, misconception, tes diagnostik

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30