Analisis pemahaman konsep peserta didik menggunakan instrumen four-tier diagnostic test
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42324Abstrak
Penelitian ini berkaitan dengan pemahaman konsep peserta didik yang disesuaikan dengan instrumen four-tier diagnostic test. Kemudian pemahaman konsep yang diteliti dirincikan penjelasannya menjadi subkonsep-subkonsep. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik terhadap konsep perkembangan ektoderm menjadi turunannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik yaitu dengan asesmen diagnostik berupa instrumen four-tier diagnostic test. Instrumen four-tier diagnostic test terdiri dari 20 pertanyaan pilihan ganda majemuk. Setiap pertanyaan terdiri dari 4 tingkatan: tingkat pertama terkait pertanyaan utama, tingkat kedua terkait kepercayaan diri peserta didik terhadap pertanyaan pertama, tingkat ketiga terkait alasan dari jawaban pertanyaan pertama, dan tingkat keempat terkait kepercayaan diri peserta didik terhadap pertanyaan ketiga. Hasil dari penelitian ini yaitu subkonsep yang belum dikuasai peserta didik yaitu lapisan germinal dengan presentase rata-rata misconception tertinggi dan presentase rata-rata scientific knowledge terendah. Subkonsep yang lebih dikuasai peserta didik yaitu subkonsep perkembangan ektoderm menjadi epidermis dengan presentase rata-rata misconception kedua terendah dan presentase rata-rata scientific knowledge tertinggi. Pada kriteria false negative, false positive, lack of knowledge memiliki presentase rata-rata dengan kategori rendah untuk semua subkonsep. Disebabkan hal tersebut, sebagian kecil peserta didik masih kebingungan dalam memahami konsep perkembangan ektoderm menjadi turunannya.
Kata kunci: four-tier diagnostic test, kuantatif deskriptif, misconception, tes diagnostik
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).