A scoping review pembelajaran kimia berwawasan green chemistry: Strategi dan lingkup materi

Penulis

  • Aqilatun Ni'mah MAS YSPIS Gandrirojo, Rembang

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42318

Abstrak

Green chemistry telah menjadi pendekatan penting dalam pengembangan pendidikan kimia yang berkelanjutan dan beretika lingkungan. Kajian ini bertujuan untuk memetakan strategi pembelajaran kimia berwawasan green chemistry serta lingkup materi kimia yang diintegrasikan dalam pendekatan tersebut. Metode yang digunakan adalah scoping review dengan tahapan penentuan topik, pencarian dan seleksi artikel, analisis dan sintesis artikel, serta penarikan simpulan. Scoping review difokuskan pada 15 artikel ilmiah terpilih yang dipublikasikan dalam rentang tahun 2014–2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi yang paling dominan adalah project-based learning, problem-based learning dan inquiry based learning. Lebih lanjut, strategi implementasi green chemistry dalam pembelajaran kimia juga diterapkan pada pelaksanaan praktikum kimia. Adapun materi kimia yang paling sering dikaitkan dengan prinsip-prinsip green chemistry meliputi topik stoikiometri, reaksi redoks, kimia lingkungan, serta senyawa karbon. Temuan ini menegaskan perlunya integrasi prinsip green chemistry dalam kurikulum dan praktik pembelajaran kimia guna mendorong kesadaran ekologis peserta didik sejak dini

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-28