A scoping review pembelajaran kimia berwawasan green chemistry: Strategi dan lingkup materi
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42318Abstrak
Green chemistry telah menjadi pendekatan penting dalam pengembangan pendidikan kimia yang berkelanjutan dan beretika lingkungan. Kajian ini bertujuan untuk memetakan strategi pembelajaran kimia berwawasan green chemistry serta lingkup materi kimia yang diintegrasikan dalam pendekatan tersebut. Metode yang digunakan adalah scoping review dengan tahapan penentuan topik, pencarian dan seleksi artikel, analisis dan sintesis artikel, serta penarikan simpulan. Scoping review difokuskan pada 15 artikel ilmiah terpilih yang dipublikasikan dalam rentang tahun 2014–2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi yang paling dominan adalah project-based learning, problem-based learning dan inquiry based learning. Lebih lanjut, strategi implementasi green chemistry dalam pembelajaran kimia juga diterapkan pada pelaksanaan praktikum kimia. Adapun materi kimia yang paling sering dikaitkan dengan prinsip-prinsip green chemistry meliputi topik stoikiometri, reaksi redoks, kimia lingkungan, serta senyawa karbon. Temuan ini menegaskan perlunya integrasi prinsip green chemistry dalam kurikulum dan praktik pembelajaran kimia guna mendorong kesadaran ekologis peserta didik sejak dini
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).