Profil argumentasi calon guru IPA pada materi energi alternatif

Authors

  • Dudung Abdurrahman Universtias Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi12387

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan argumentasi calon guru IPA pada materi energi alternatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah calon guru IPA yang mengikuti perkuliahan materi dan energi  sebanyak 27 orang. Kemampuan argumentasi diperoleh dari jawaban tugas mengenai energi alternatif. Argumentasi yang diperoleh di analisis komponennya menurut Toulmins Argumentation Pattern (TAP). Hasilnya  kemampuan argumentasi calon guru IPA pada materi energi alternatif berada pada level 2, yaitu sudah mampu membuat claim, data, dan atau warrant. Calon guru IPA yang memiliki kemampuan lebih tinggi memperoleh level argumentasi lebih tinggi. Dan koherensi antar komponen argumen dominan pada limited coherency, yaitu penjelasan yang dibuat kurang relevan dengan claim yang dibuat.

References

Bassham, G., et al. (2011). Critical thinking A student's Introduction.

Bekiroglu, F., Eskin, H. (2012). Examination of the relationship between engagement in scientific argumentation and conceptual knowledge. International Journal of Science and Mathematics Education, 10, hlm. 1415-1443.

Bulgren, J., et al. (2014). The Use and Effectiveness of an Argumentation and Evaluation Intervention in Science Classes. Journal of Science Education and Technology volume 23, 82–97

Chen, Y., et al. (2016). Teacher Roles of Questioning in Early Elementary Science Classrooms: A Framework Promoting Student Cognitive Complexities in Argumentation. Research Science Education.

Choi, A., Notebaert, A., Diaz, J., & Hand, B. (2010). Examining arguments generated by year 5, 7, and 10 students in science classrooms. Research in Science Education, 40(2), 149-169

Farida, I., & Gusniarti, W. F. (2014). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Konsep Koloid Yang Dikembangkan Melalui Pembelajaran Inkuiri Argumentatif. Edusains, 1, 33–40

Fatmawati, D. et al., (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference Volume 15, Nomor 1 Halaman 253 – 259

Herawati, D. & Ardianto, D. (2017). Socioscientific Argumentation of Pre-Service Teachers about Genetically Modified Organisms. J. Phys.: Conf. Ser. 895 012023

Herawati, D. & Istiana, R. (2019). Student Argumentation Skill Analysis Of Socioscientific Issues In Solving Environmental Problems. Journal Of Humanities And Social Studies Volume 03, No 01, 22 – 26

Lin, S.S. & Mintzes, J.J. (2010). Learning Argumentation Skills Through Instruction In Socioscientific Issues: The Effect Of Ability Level. International Journal of Science and Mathematics Education volume 8, 993–1017

Nurlita, E.(2019). Persepsi Siswa Terhadap Socio-Scientific Issues (Ssi) Mengenai Minyak Bumi Dan Energi Alternatif. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah

Probosari, R.M., et al. (2022). Integrating Reading as Evidence to Enhance Argumentation in Scientific Reading-based inquiry: A design-based research in biology classroom. JPII 11(1) 171-184

Redhana, I.W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2239 – 2253

Siska, et al. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio-scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, Vol.8 No.1

Syerliana, L. et al. (2018). Argumentation skill profile using “Toulmin Argumentation Pattern†analysis of high school student at Subang on topic hydrostatic pressure. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1013 (2018) 012031

Widodo, A. et al. (2016). Students Argumentation In Science Lessons: A Story Of Two Research Projects. JPII 5 (2) 199-208

Wikara, B. et al. (2022). Implementation Of 5E Plus Learning Model On Energy Subject Matter To Improve Students’ Argumentation Skills. JPII 11 (2) 237-245

Published

2023-01-30