Pengembangan buku cerita IPA terpadu bermuatan karakter
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi12243Keywords:
buku cerita IPA terpadu, pendidikan karakterAbstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis berupa kajian literatur pada hasil penelitian mengenai pengembangan buku cerita IPA terpadu bermuatan pendidikan karakter yang digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kajian pustaka dilakukan pada 7 artikel yang dipublikasikan di berbagai jurnal dari tahun 2014 sampai 2022. Kajian pustaka dilakukan dengan menggunakan 4 metode yaitu pemilihan topik yang akan direview, melakukan pencarian dan penyeleksian artikel yang berkaitan dengan topik yang sudah ditemukan, melakukan analisis dan sintesis literatur, serta melakukan organisasi tulisan. Hasil dari literatur review ini menunjukkan bahwa buku cerita IPA terpadu bermuatan pendidikan karakter dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa, motivasi belajar siswa, mempermudah siswa dalam memahami materi dan menumbuhkan karakter dalam diri siswa. Dalam alur ceritanya pun mengandung pesan-pesan moral sehingga dapat menumbuhkan nilai karakter ke dalam diri siswa secara langsung tanpa unsur paksaan melalui peranan dari tokoh cerita.
References
Azizi, M., & Prasetyo, S. (2017). Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa MI/SD. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 185–194.
Fitria, Y. F. D., & Mawartiningsih, L. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Karakter. Biology Education Conference Vol 15 No 1, 409–412.
Hafid, M., & Fauzi, A. (2022). Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Buku Cerita di Era New Normal pada Mata Pelajaran SKI Tema Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW. di Madinah. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(2), 177–185.
Khairoh, L., Rusilowati, A., & Nurhayati, S. (2014). Pengembangan Buku Cerita IPA Terpadu Bermuatan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Tema Pencemaran Lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(2), 519–527.
Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204–210.
Rosyana, A., Ilhamdi, M. L., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar MIPA, 16(3), 302–309.
Setiawati, I. K., Rusilowati, A., & Khumaedi. (2013). Pembuatan Buku Cerita IPA yang Mengintegrasikan Materi Kebencanaan Alam untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 129–135.
Susilowati. (2014). Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013.
Trisnaningsih, A. S., & Maryani, I. (2018). PENGEMBANGAN KOMIK IPA BERBASIS KARAKTERPEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI STRUKTURDAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN (Uji Coba Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco). Fundamentan Pendidikan Dasar, 1(1), 18–28.
Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24–35.
Yulianingsih, E., & Ikhsan, J. (2018). Pengembangan Komik IPA Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP Wiyata Mandala Balikpapan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(2), 123–131.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).