Melestarikan keanekaragaman hayati melalui proses pembelajaran di kelas dan penugasan
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v4i2.42791Abstrak
Indonesia merupakan negara yang sangat besar yang terdiri atas pulau-pulau besar yang pastinya memiliki keanekaragaman yang melimpah. Indonesia dikenal sebagai mega-biodiversity yang mempunyai jumlah flora dan fauna yang sangat banyak diketahui no 2 di Dunia setelah negara Brazil. Keanekaragaman hayati juga memiliki banyak manfaat bagi manusia terutama pada tumbuhan kayu, diantaranya sebagai bahan dalam pembuatan bangunan rumah, kayu bakar ataupun kebutuhan manusia lainnya, tumbuhan ini harusnya juga dilestarikan serta dijaga kelestariannya untuk keberlangsungan hidup manusia ketika membutuhkannya, selain itu juga pada penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap dalam melestarikan serta menjaga keanekaragaman hayati pada mereka mahasiswa sebagai generasi pendidik berikutnya dengan melalui proses pembelajaran diluar kelas atau dialam sekitar dengan cara memberikan tugas yang menantang kepada para mahasiswa. Adapun subjek penelitian ini yaitu kepada mahasiswa program studi biologi pada mata kuliah keanekaragaman hayati dengan jumlah mahasiswa 30 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang dilaksanakan dengan 2 siklus, siklus I dan siklus II, dengan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Analisa data dilakukan dengan triangulasi data serta menggunakan presentase dan pengamatan pada sikap mahasiswa yaitu dengan menggunakan skala Likert, lembar observasi dan catatan lapangan serta dokumentasi lainnya seperti foto dan gambar pendukung dalam penelitian berlangsung. Adapun hasil penelitiannya yaitu terdapat peningkatan terhadap sikap mahasiswa pada pelaksanaan siklus I, pada akhir siklus I dan pada akhis siklus II selain itu terdapat peningkatan terhadap pemahaman mahasiswa setelah siklus II dilaksanakan. Diharapkan kepada para guru atau dosen dalam mengajar, bisa menerapkan proses pembelajaran diluar kelas dan memberikan tantangan tugas yang bersifat menantang bagi para mahasiswa atau peserta didiknya sehingga proses belajar mengajar didalam dan diluar kelas terasa lebih menyenangkan dan tertantang.
Kata kunci : Keanekaragaman Hayati, Proses pembelajaran, Penugasan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).
 
                                                 
							











