Melestarikan keanekaragaman hayati melalui proses pembelajaran di kelas dan penugasan

Penulis

  • Rizqi Nur Rachmawati Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Hermawan Hermawan Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Yeni Haerani Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Devi Intan Wijaya Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Siti Nurastia Ningsih Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v4i2.42791

Abstrak

Indonesia merupakan negara yang sangat besar yang terdiri atas pulau-pulau besar yang pastinya memiliki keanekaragaman yang melimpah. Indonesia dikenal sebagai mega-biodiversity yang mempunyai jumlah flora dan fauna yang sangat banyak diketahui no 2 di Dunia setelah negara Brazil. Keanekaragaman hayati juga memiliki banyak manfaat bagi manusia terutama pada tumbuhan kayu, diantaranya sebagai bahan dalam pembuatan bangunan rumah, kayu bakar ataupun kebutuhan manusia lainnya, tumbuhan ini harusnya juga dilestarikan serta dijaga kelestariannya untuk keberlangsungan hidup manusia ketika membutuhkannya, selain itu juga pada penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap dalam melestarikan serta menjaga keanekaragaman hayati pada mereka mahasiswa sebagai generasi pendidik berikutnya dengan melalui proses pembelajaran diluar kelas atau dialam sekitar dengan cara memberikan tugas yang menantang kepada para mahasiswa. Adapun subjek penelitian ini yaitu kepada mahasiswa program studi biologi pada mata kuliah keanekaragaman hayati dengan jumlah mahasiswa 30 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang dilaksanakan dengan 2 siklus, siklus I dan siklus II, dengan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Analisa data dilakukan dengan triangulasi data serta menggunakan presentase dan pengamatan pada sikap mahasiswa yaitu dengan menggunakan skala Likert, lembar observasi dan catatan lapangan serta dokumentasi lainnya seperti foto dan gambar pendukung dalam penelitian berlangsung. Adapun hasil penelitiannya yaitu terdapat peningkatan terhadap sikap mahasiswa pada pelaksanaan siklus I, pada akhir siklus I dan pada akhis siklus II selain itu terdapat peningkatan terhadap pemahaman mahasiswa setelah siklus II dilaksanakan. Diharapkan kepada para guru atau dosen dalam mengajar, bisa menerapkan proses pembelajaran diluar kelas dan memberikan tantangan tugas yang bersifat menantang bagi para mahasiswa atau peserta didiknya sehingga proses belajar mengajar didalam dan diluar kelas terasa lebih menyenangkan dan tertantang.

Kata kunci : Keanekaragaman Hayati, Proses pembelajaran, Penugasan

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-15