Penggunaan E-Modul Sains Berbasis QISI (Qur’an Integration-Interconnection and Spiritual Intelligence) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Digital

Penulis

  • Teuku Muhammad Hary Ramadhan Pendidikan Fisika, Universitas Syiah Kuala
  • Muhammad Dekar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Battuta
  • Dinda Widyastika Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Battuta

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i2.42645

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains digital siswa melalui penggunaan e-modul sains berbasis integrasi-interkoneksi Al-Qur'an dan kecerdasan spiritual (QISI). Penelitian melibatkan 45 siswa SMP IT Luqmanul Hakim dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain pretest-posttest melalui metode pemilihan sampel secara purposive. Hasil validitas menunjukkan e-modul sangat valid (87,40%) dan sangat praktis (83,83%). Analisis N-gain mencatat skor 0,71 (kategori tinggi), yang mengindikasikan peningkatan signifikan pada literasi sains siswa. E-modul ini tidak hanya efektif dalam mengintegrasikan nilai spiritual dengan sains, tetapi juga mendukung keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) serta meningkatkan literasi sains di era digital. Penelitian ini berkontribusi tidak hanya dalam peningkatan literasi sains digital, tetapi juga dalam menyiapkan siswa Indonesia yang cakap secara intelektual, bijak secara spiritual, dan siap bersaing dalam tantangan global abad ke-21. Dengan menggabungkan IPTEK dan nilai-nilai Qur’ani, e-modul QISI menjadi model pembelajaran yang relevan, kontekstual, dan transformatif untuk masa depan pendidikan Indonesia.

Kata kunci : E-modul, Literasi Sains, Al-Qur’an, Digital

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-01