Pengembangan pengetahuan sains melalui metode eksplorasi lingkungan sekitar anak

Penulis

  • Suliani Suliani Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42387

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan pengetahuan sains anak usia dini melalui metode eksplorasi lingkungan sekitar. Subjek penelitian adalah guru/wali kelas dan 12 anak usia 5–6 tahun di kelas B, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pengetahuan sains anak dilakukan melalui tiga tahapan utama: (i) guru mempersiapkan kegiatan eksplorasi dengan menetapkan tujuan kegiatan; (ii) guru melaksanakan kegiatan dengan mendiskusikan prosedur, alat, dan bahan kepada anak, serta memberikan bimbingan dan pengawasan selama kegiatan berlangsung; dan (iii) guru mengevaluasi serta memberikan penilaian terhadap hasil eksplorasi anak. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode eksplorasi lingkungan sekitar dapat menjadi strategi yang efektif dalam mengembangkan pengetahuan sains pada anak usia dini.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-28