Pengembangan pengetahuan sains melalui metode eksplorasi lingkungan sekitar anak
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42387Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan pengetahuan sains anak usia dini melalui metode eksplorasi lingkungan sekitar. Subjek penelitian adalah guru/wali kelas dan 12 anak usia 5–6 tahun di kelas B, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pengetahuan sains anak dilakukan melalui tiga tahapan utama: (i) guru mempersiapkan kegiatan eksplorasi dengan menetapkan tujuan kegiatan; (ii) guru melaksanakan kegiatan dengan mendiskusikan prosedur, alat, dan bahan kepada anak, serta memberikan bimbingan dan pengawasan selama kegiatan berlangsung; dan (iii) guru mengevaluasi serta memberikan penilaian terhadap hasil eksplorasi anak. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode eksplorasi lingkungan sekitar dapat menjadi strategi yang efektif dalam mengembangkan pengetahuan sains pada anak usia dini.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).