Articulate storyline: Inovasi pembelajaran sains yang menarik dan interaktif

Penulis

  • Ujang Miftahurrahman Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammdiyah Jakarta, Indonesia
  • Zulfitria Zulfitria Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammdiyah Jakarta, Indonesia
  • Febry Amirullah Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammdiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi24181

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengkaji media berbasis articulate storyline dalam pembelajaran IPA sebagai upaya menghadirkan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan library research dengan fokus pada analisis dan kajian berbagai artikel dengan tema articulate storyline pada pembelajaran IPA. Pengumpulan informasi dilakukan dengan cara menganalisis isi artikel dan menuangkan dalam struktur temuan penelitian. Hasil library research menunjukkan bahwa articluate storyline merupakan salah satu platform yang dapat membantu dalam mengembangkan media yang lebih interaktif untuk pembelajaran IPA. Pada proses pembelajaran IPA dengan media berbasis articulate storyline dapat diintegrasikan dalam berbagai strategi pembelajaran IPA, seperti model discovery learning dan pendekatan STEM. Selain itu, media pembelajaran berbasis articulate storyline juga dapat dikemas dalam bentuk media langsung yang digunakan dalam pembelajaran maupun dikemas dalam bentuk website yang dapat diakses secara fleksible. Media pembelajaran berbasis articulate storyline memiliki dampak pada kualitas pembelajaran, seperti menhadirkan pembelajaran yang interaktif dan meningkatkan keterlibatan peserta didik. Lebih lanjut, media pembelajaran berbasis articulate storyline juga berdampak pada peningkatan hasil belajar dan kemampuan komunikasi peserta didik

Referensi

Agustina, R., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia Dan Hewan Untuk Peserta Didik Smp. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 81-89. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.119

Al Fajri, R., & Chusni, M. M. (2024). ANALISIS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 360 DENGAN MODEL BLENDED POE2WE PADA MATERI FLUIDA STATIS. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 216-225. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1090

Febrianto, I., Hidayati, Y. M., & Untari, R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Website Berbasis Articulate Storyline. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 181-186. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.220

Gumilar, E. B. (2023). Problematika Pembelajaran IPA Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 16(1), 129-145. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/159

Indrawan, D., & Jalilah, S. R. (2021). Metode kombinasi/campuran bentuk integrasi dalam penelitian. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 735-739. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1452

Jais, M., & Amri, U. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di SDN 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 795-801. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1531

Lutfiana, R. F., Budiono, B., & Putra, C. R. W. (2023). Penyegaran Kompetensi Guru dalam Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 581-591. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5464

Maivi, C., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1188-1198. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.418

Maulidiyah, U., Wahyuni, S., & Ridlo, Z. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Pencemaran Lingkungan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 115-124. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.239

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya Smp. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17-27. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.69

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan media articulate storyline 3 pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024-5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546

Putri, A. K., Andini, A., Astuti, N. P., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Articulate Storyline untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(6), 857-866.

Wicaksono, A. G. (2020). Penyelenggaraan pembelajaran IPA berbasis pendekatan STEM dalam menyongsong era revolusi industri 4.0. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 54-62. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-21