Articulate storyline: Inovasi pembelajaran sains yang menarik dan interaktif
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi24181Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengkaji media berbasis articulate storyline dalam pembelajaran IPA sebagai upaya menghadirkan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan library research dengan fokus pada analisis dan kajian berbagai artikel dengan tema articulate storyline pada pembelajaran IPA. Pengumpulan informasi dilakukan dengan cara menganalisis isi artikel dan menuangkan dalam struktur temuan penelitian. Hasil library research menunjukkan bahwa articluate storyline merupakan salah satu platform yang dapat membantu dalam mengembangkan media yang lebih interaktif untuk pembelajaran IPA. Pada proses pembelajaran IPA dengan media berbasis articulate storyline dapat diintegrasikan dalam berbagai strategi pembelajaran IPA, seperti model discovery learning dan pendekatan STEM. Selain itu, media pembelajaran berbasis articulate storyline juga dapat dikemas dalam bentuk media langsung yang digunakan dalam pembelajaran maupun dikemas dalam bentuk website yang dapat diakses secara fleksible. Media pembelajaran berbasis articulate storyline memiliki dampak pada kualitas pembelajaran, seperti menhadirkan pembelajaran yang interaktif dan meningkatkan keterlibatan peserta didik. Lebih lanjut, media pembelajaran berbasis articulate storyline juga berdampak pada peningkatan hasil belajar dan kemampuan komunikasi peserta didikReferensi
Agustina, R., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia Dan Hewan Untuk Peserta Didik Smp. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 81-89. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.119
Al Fajri, R., & Chusni, M. M. (2024). ANALISIS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 360 DENGAN MODEL BLENDED POE2WE PADA MATERI FLUIDA STATIS. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 216-225. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1090
Febrianto, I., Hidayati, Y. M., & Untari, R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Website Berbasis Articulate Storyline. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 181-186. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.220
Gumilar, E. B. (2023). Problematika Pembelajaran IPA Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 16(1), 129-145. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/159
Indrawan, D., & Jalilah, S. R. (2021). Metode kombinasi/campuran bentuk integrasi dalam penelitian. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 735-739. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1452
Jais, M., & Amri, U. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di SDN 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 795-801. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1531
Lutfiana, R. F., Budiono, B., & Putra, C. R. W. (2023). Penyegaran Kompetensi Guru dalam Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 581-591. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5464
Maivi, C., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1188-1198. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.418
Maulidiyah, U., Wahyuni, S., & Ridlo, Z. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Pencemaran Lingkungan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 115-124. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.239
Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya Smp. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17-27. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.69
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan media articulate storyline 3 pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024-5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
Putri, A. K., Andini, A., Astuti, N. P., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Articulate Storyline untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(6), 857-866.
Wicaksono, A. G. (2020). Penyelenggaraan pembelajaran IPA berbasis pendekatan STEM dalam menyongsong era revolusi industri 4.0. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 54-62. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).