Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran IPA sebagai upaya peningkatan hasil belajar
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi23030Kata Kunci:
Pemanfaatan Teknologi, Hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis berupa kajian pustaka pada hasil penelitian mengenai pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran IPA yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Metode Studi Literatur atau Kajian pustaka, kajian pustaka ini dilakukan pada 8 artikel yang dipublikasikan di berbagai jurnal dari tahun 2015-2022. Kajian Pustaka dilakukan dengan 4 langkah yaitu pemilihan topik yang akan di review, mencari informasi berupa artikel yang sesuai dengan topik yang telah ditentukan, melakukan analisis serta sintesis pada jurnal yang telah di seleksi, dan melakukan pengorganisasisan tulisan. Hasil Kajian Pustaka dan analisisnya menunjukan bahwa : 1) Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa terdiri dari berbagai bentuk yaitu : E- book berekstensi EPUB, Video Pembelajaran, Web, Media komputer interaktif dan metode pembelajaran, Google Classroom, Quizizz. 2) Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran IPA dapat memberikan dampak terhadap peningkatan hasil.belajar siswa. Hasil tersebut menunjukan bahwa pemanfaatan teknologi dalam Pembelajaran IPA dapat dikembangkan dalam berbagai bentuk media dan memberikan peranan dalam meningkatkan hasil belajar siswa
Kata kunci : Pemanfaatan Teknologi, Hasil belajar.
ABSTRACT
This study aims to describe the results of the analysis in the form of a literature review on the results of research on the use of technology in science learning used to improve student learning outcomes. This research uses the Literature Study Method or literature review, this library research was carried out on eight articles in various journals from 2015-to 2022 Literature review is carried out in 4 steps, namely selecting topics to be reviewed, seeking information in the form of articles that are by predetermined topic, analyzing and synthesizing selected journals, and organizing writings. The results of the Literature Review and its analysis show that: The use of technology in science learning to improve student learning outcomes consists of various forms, that are:1) Ebooks with EPUB extension, Learning Videos, Web, interactive computer media and learning methods, Google Classroom, and Quizzes. 2) The use of technology in science learning can have an impact on increasing student learning outcomes. These results indicate that the use of various technologies in science learning can be developed in the form of media and provide a role in improving student learning outcomes
Keyword: Utilization of Technology, Learning Outcomes
Referensi
Aisyah, N., Supriyani, Y., & Hawaliyah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Komputer Interaktif dan Metode Demonstrasi. Jurnal Ideas, 10.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Hisbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pena Sains, 4(1), 16. https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2775
Huda, H. (2021). Pembelajaran Melalui Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Belajar Di Kelas VIII B Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPA MTSN 4 Jombang Tahun 2021. Jurnal Ilmiah MultiDisiplin Indonesia, 333-342.
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.801
Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran oleh Guru SMK Di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p033
Selwyn, Neil. 2011. Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.
Snyder, H. 2019. ‘Literature review as a research methodology: An overview and guidelines’. Journal of Business Research, 104, pp. 333–339, https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039.
Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., & Rijanto, T. (2020). Media E-learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 605–6010. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36253/32246
Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).