Analisis Pengembangan Kebudayaan Lokal Kebumen dalam Membangun Pendidikan Karakter Siswa di SDN 1 Selogiri

Ismaya Febrianti, Septy Qurrotu Aini Farradhillah, Siti Mariyam, Dede Wahyudin, Jennyta Caturiasari

Abstrak


Abstrak
Pendidikan karakter melalui kebudayaan lokal dapat membantu siswa memahami nilai-nilai seperti kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, kesederhanaan, dan kepedulian terhadap lingkungan dan orang lain. Dengan mempelajari budaya dan tradisi lokal, siswa dapat belajar menghargai keberagaman, menerima perbedaan, dan membangun sikap inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengembangan kebudayaan lokal Kebumen dalam membangun Pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar khusunya siswa di SD N 1 Selogiri. Salah satu contoh kebudayaan lokal kebumen yang mampu membangun pendidikan karakter di SDN 1 Selogiri ini contohnya yaitu Wayang kulit. Metode penelitian ini adalah kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kajian Pustaka. Kesimpulan dari analisis ini adalah Kebudayaan lokal ini berdampak baik bagi perkembangan karakter peserta didik dalam penerapannya. Karena itu, kebudayaan lokal memainkan peran penting dalam membentuk Pendidikan karakter peserta didik, ditunjukan dengan wayang kulit, bagian dari kebudayaan lokal Kebumen dapat membangun pendidikan karakter pada peserta didik di SDN 1 Selogiri melalui penggambaran watak dari tokoh pandawa dan filosofi dari pandawa.

Kata kunci: Pendidikan karakter; kebudayaan lokal; sekolah dasar


Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Dini Irawati, M. I. (2022). Profil Pemuda Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspu : Jurnal Pendidikan , 1224-1238.

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Sosio didaktika, 1(2), 123-130.

Galla, A. 2001. Guidebook for the Participation of Young People in Heritage Conservation. Brisbane: Hall and jones Advertising.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82-89.

Lestari, A. C. (2023). Kebudayaan Lokal dan Urgensinya dalam Mengembangkan Rasa Cinta Tanah Air bagi Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Nasional Etnoparenting, 1(1), 13-21.

Lyesmaya, D., Musthafa, B., & Sunendar. (2020a). Etnopedagogik Wayang Sukuraga. Sukabumi: UMMIPress

Nuraini, S., Lyesmaya, D., & Nurmeta, I. K. (2023). PENGEMBANGAN E-LKS GEOMETRI BERBASIS WAYANG SUKURAGA DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 27-37.

Penelitian, J., Pendidikan, A., Mas Ramadhan, G., & Resmi, C. (2019). E D U K A S I Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Local Cipta Gelar Sukabumi Dalam Mengembangkan Kecerdasan Ekologis (Vol. 11, Issue 2). http://journal.ummgl.ac.id/nju/index.php/edukasi

Prasojo, E. N., & Arifin, M. (2022). Manifestasi Transformasi Nilai-Nilai Ajaran Islam Dalam Tokoh Wayang Kulit Pandawa Lima pada Cerita Mahabharata. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 304-321.

SAKIRA, S., Kustiawan, K., & Wiwik Swastiwi, A. (2023). PENGUATAN DIPLOMASI BUDAYA MELALUI BAJU KURUNG MELAYU DI KEPULAUAN RIAU (Doctoral dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji)

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA : Jurnal Alternatif Kependidikan , 192-204.

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 7-12.Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 7-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2721

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.