Implementasi Kebijakan Peningkatan Kompetensi Guru Di Kabupaten Kulon Progo

Authors

  • Inaya Ainun Nafisa Program Studi Kebijakan Pendidikan - Universitas Negeri Yogyakarta
  • Amilia Rizki Program Studi Kebijakan Pendidikan - Universitas Negeri Yogyakarta
  • Arlinda Febriyanti Program Studi Kebijakan Pendidikan - Universitas Negeri Yogyakarta
  • Erika Findi Anggraeni Program Studi Kebijakan Pendidikan - Universitas Negeri Yogyakarta
  • Amelya Kurniadevi Program Studi Kebijakan Pendidikan - Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ebni Sholikhah Program Studi Kebijakan Pendidikan - Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2682

Abstract

Kompetensi guru merupakan salah satu faktor penting dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu. Namun, masih ditemukan rendahnya kompetensi guru di Kabupaten Kulon Progo, khususnya pada jenjang SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan peningkatan kompetensi guru melalui program-program yang dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata–rata hasil UKG SMP di kabupaten Kulonprogo masih dibawah rata-rata nilai UKG DIY, yaitu 68,03. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo sudah mengimplementasikan beberapa program peningkatan kompetensi guru SMP seperti Bimtek MGMP, Diklat Pendidikan Inklusi, dan Bimtek Karya tulis. Faktor pendukung program tersebut adalah dukungan dan kolaborasi yang baik dari berbagai pihak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan kuota peserta, kurangnya motivasi guru, dan minimnya pendampingan serta tindak lanjut pasca dilaksanakannya program.

References

Bab, I. V. (2018). Kebijakan pendidikan. ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN, 133.

Bachtiar, W. 1997. Metode Penelitian Ilmu Dakwah. Logos Wacana Ilmu. Jakarta.

Badan Pusat Statistika Daerah Istimewa Yogyakarta. (2020).

Desliana, Maulipaksi. 7 Provinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. Kemdikbud, 04 Januari 2016.

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9-19. DOI:https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02

Edward III GC. (1980). Implementing Public Policy. Congressional Quarterly Press, Washington.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Harsono, H. (2020). Implementasi Kebijakan dan Politik. Bandung: PT. Mutiara Sumber Widya

Holiah, I. (2022). Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Eduvis, 7(1), 84-96.

Iskandar, Jusman. (2016). Kapita Selekta Teori Administrasi Negara.Bandung:Puspaga

Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.

Kemenag. (2015). Modul: Bahan Ajar Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). diktis.kemenag.go.id

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023).

Khairiyah, K. Y., dkk. (2019). Pelatihan Kompetensi Guru Sekolah Inklusif dalam Pemahaman Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan MINDA: 1(1).

Kodrat, D. (2019). Urgensi Perubahan Pola Pikir dalam Membangun Pendidikan Bermutu. Islamic Research, 2(1), 1–6. http://jkpis.com/index.php/jkpis/article/view/23

Kodrat, D. (2019). Urgensi Perubahan Pola Pikir dalam Membangun Pendidikan Bermutu. Islamic Research, 2(1), 1–6. http://jkpis.com/index.php/jkpis/article/view/23

Lestari, N. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(7), 753-762.

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita, 3(1).

Ma’rifataini, L. (2014). Efektivitas MGMP dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Umum di MTS. Jurnal edukasi 12(1) 70-81.

Nurainina, D. R. (2018). Pendekatan Commond Control dalam Kebijakan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (Studi tentang Implementasi Peraturan Walikota Surabaya Nomor 65 Tahun 2014 Pada Kalangan Pelajar di Kota Surabaya. Universitas Airlangga.

Nur, F., & Kurniawati, A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1).

Permendikbud No 35 Tahun 2010 tentang Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Purba, S., Revida, E., Tamrin, A. F., Bachtiar, E., Purba, B., Ramadhani, Y. R., ... & Hidayatulloh, A. N. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Purwanto & Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif.

Rohman (2014). Kebijakan Pendidikan: Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA manajemen dan keguruan 2(1), 92-102

Rostaviana, R. P. (2018). Uji Kompetensi Guru Dan Peningkatan Kinerja Guru di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(1), 84–95. http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/

Rostaviana, R. P. (2018). Uji Kompetensi Guru dan Peningkatan Kinerja Guru di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(1), 84–95. http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/

Setiawan, G.(2015). Implementasi dalam birokrasi pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Sugiarti, A., Hartono, H., & Nurhasanah, N. (2021). Upaya Strategik Penguatan Kompetensi Guru di SD Negeri 4 Krandegan Banjarnegara. Jurnal Kependidikan, 9(2), 287-305. https://doi.org/10.24090/jk.v9i2.5223

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, diakses dari https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf

Warwick, D. P. (1979). A Theory of Public Bureaucracy, Massachussets.

Zainuddin, A., Harahap, P., & Naldi, W. (2023). Motivasi Guru Menulis Karya Ilmiah; Faktor Penyebab dan Solusi (Studi Kasus Pada Guru Pai Di Sekolah Menengah Atas Negeri Rejang Lebong-Bengkulu). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

Zulaeha, I., Sulisyaningrum, S., Suratno, S., Pristiwati, R., Arsanti, M., & Supriyono, A. Y. (2021). Bimtek Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Indonesia Bermuatan Multikultural bagi Guru MTs/SMP di Kota Semarang. Journal of Community Empowerment, 1(2), 01-06.

Published

2023-06-11

How to Cite

Nafisa, I. A., Rizki, A., Febriyanti, A., Anggraeni, E. F., Kurniadevi, A., & Sholikhah, E. (2023). Implementasi Kebijakan Peningkatan Kompetensi Guru Di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan UNIGA, 17(1), 728–749. https://doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2682

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA