Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer

Penulis

  • Abdul Latip Universitas Garut
  • Azis Faisal Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179

Abstrak

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis berupa kajian literatur pada hasil penelitian mengenai media pembelajaran IPA berbasis komputer yang digunakan untuk menigkatkan literasi sains siswa. Literatur review dilakukan pada 10 artikel yang dipublikasikan pada berbagai jurnal dari tahun 2015 sampai 2020. Literatur review dilakukan dengan 4 langkah yaitu melakukan pencarian dan penyeleksian artikel yang berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan, melakukan analisis dan sintesis literatur, dan melakukan organisasi tulisan. Hasil kajian pustaka dan analisisnya menunjukkan bahwa: 1) bentuk media pembelajaran berbasis komputer yang digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains terdiri dari berbagai bentuk, yaitu multimedia pembelajaran, interaktif E-book, E-modul, video animasi, dan media berbasis android. 2) Penggunaan media berbasis komputer pada pembelajaran IPA memberikan dampak pada peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media berbasis komputer dapat dikembangkan dalam berbagai bentuk media dan memberikan peran dalam meningkatkan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA.

 

Kata kunci: media pembelajaran, literasi sains

Referensi

Firdausy dan Setiawan. (2017). Keefektifan Interactive E-Book IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. PENSA E-JOURNAL: Pendidikan Sains, 5(3), 370-374.

Imaningtyas, et al. (2016). Penerapan E-Module Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIA 6 SMAN 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015. Bioedukasi, 9(1), 4-10.

Holden, I. (2012). Predictors of Students' Attitudes toward Science Literacy. Communications in Information Literacy, 6(1), 107-123.

Ismali, Permanasari, dan Setiawan. (2016). Efektivitas Virtual Lab Berbasis STEM dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa dengan Perbedaan Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2), 190–201.

Juniati, Jufri, dan Wahab. (2020). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 15(4), 315-319.

Latip dan Permanasari. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi. EDUSAINS, 7 (2), 160-171.

Mayer, R, E & Moreno, R. (2003). Nine Ways to Reduce Cognitive Load in Multimedia Learning. Educational Psychologist, 38(1): 43–52.

National Research Council (NRC). (1996). National science education standards. No. National Academy Press. Washington: D.C.

Nurhayati, Yamin, dan Ernawalis. (2019). Meningkatkan Literasi Sains dengan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Biodiversitas. Simpul Juara, 1(1), 28-35.

Ramdani, Jufri, dan Jamaludin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.

Rubini, Permanasari, dan Yuningsih. (2018). Learning Multimedia Based on Science Literacy on the Lightning Theme. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 4(2), 89-104.

Turiman, et al. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 59, 110-116.

Winasti, Soetisna, dan Hindriana. (2018). Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Teknologi. EDUBIOLOGICA Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi, 6 (2), 110-115.

Wulandari. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal PANCAR, 3(2), 264-274.

Diterbitkan

2021-06-02

Cara Mengutip

Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 444–452. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan UNIGA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama