Pembinaan Akhlak Dengan Metode IDT (Ikhtiar, Doa, Takwa) (Penelitian di SMP IT AL WASI Cisompet)

Penulis

  • Jafar Amirudin
  • Dena Sri Anugrah Universitas Garut
  • Siti Sopiah Hamdaniyah Universitas Garut
  • Muhammad Rijali Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1176

Abstrak

Pembinaan akhlak sangat penting dilakukan dalam usaha pencegahan dampak negatif perkembangan zaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perilaku menyimpang dikalangan peserta didik. Kurang efektifnya pembinaan akhlak yang dilakukan keluarga, sekolah maupun masyarakat, longgarnya pegangan terhadap agama merupakan beberapa alasan adanya degradasi akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan generasi penerus yang memiliki nilai, beradab serta mampu menghadapi berbagai persoalan kehidupan menurut norma yang berlaku. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik SMP IT Al Wasi. Sedangkan untuk data sekundernya diperoleh dari studi kepustakaan dengan mengumpulkan, membaca dan mengulas buku-buku yang berkaitan dengan pembinaan akhlak peserta didik. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan akhlak peserta didik SMP IT Al Wasi terimplementasikan ke dalam program rutinitas yang menjadi keharusan bagi peserta didik melalui metode IDT (Ikhtiar, Doa, Takwa). Konsep ikhtiar sebagai langkah pertama seorang Muslim dalam membina akhlak mulai dari akhlak terhadap manusia sampai akhlak terhadap Allah SWT, kemudian diiringi doa serta takwa terhadap Allah SWT. Namun, peneliti menemukan bahwa penghambat pembinaan akhlak peserta didik SMP IT Al Wasi adalah dari lemahnya pertahanan personal peserta didik dalam mengikuti perkembangan zaman sehingga mudah dipengaruhi oleh teman, dikarenakan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, latar belakang keluarga yang kurang harmonis (broken home) dan ekonomi lemah, ketidaklancaran dana pendidikan serta kurangnya masyarakat sekitar dalam membantu kelancaran proses pendidikan.

 

Kata Kunci: Pembinaan Akhlak, Peserta Didik, Metode IDT

Referensi

Al-Qur’anul Karim

Ahmad, Noor. 2019. Epistemologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Walisongo Expres.

Ahmad, Noor. 2019. Epistemologi Syara’. Yogyakarta: Walisongo Expres.

Anwar, Syahrul. 2010. Akhlak Islamiyah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Anwar, Syahrul. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Bungin, B. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Fajar Interpratama Grafika.

Khatibah, K. 2011. Penelitian Kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi.

Mubarok, Dr. Jaih. 2015. Hukum Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. 2015. Akhlak (Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Qardhowi, Yusuf. 2014. Akhlak Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Silalahi, U. 2016. Penulisan Ilmiah. Bandung: Unpar Press.

Silalahi, U. 2016. Penulisan Ilmiah. Bandung: Unpar Press.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N.S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zed, M. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.

Zhou, Coronavirus Prevention Handbook; Kemkes, “Tentang Novel Coronavirus (NCOV)â€;

World Health Organization, “Coronavirus.â€

Diterbitkan

2021-06-02

Cara Mengutip

Amirudin, J., Anugrah, D. S., Hamdaniyah, S. S., & Rijali, M. (2021). Pembinaan Akhlak Dengan Metode IDT (Ikhtiar, Doa, Takwa) (Penelitian di SMP IT AL WASI Cisompet). Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 397–409. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1176

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan UNIGA