Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Sarana Olahraga (SOR) Kerkof Garut

Authors

  • Kurnaeli Kurnaeli Universitas Garut
  • Sarah Nurul Fadhilah Universitas Garut
  • Hedi Cupiadi Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkm.v17i2.41668

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh faktor fasilitas dan kualitas pelayanan di Sarana Olahraga Kerkof Garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan populasi yaitu pengunjung Kerkof. Data primer diperoleh melalui survei langsung dan wawancara dengan 100 responden, sementara data sekunder berasal dari jurnal, studi literatur, buku, dan internet. Data primer melalui uji asumsi klasik untuk mengukur data valid dalam pengujian hipotesis. Berdasarkan tanggapan responden menunjukkan bahwa variabel fasilitas, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan memiliki kriteria baik. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulannya, peningkatan fasilitas dan kualitas pelayanan di SOR Kerkof akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

References

Fanggidae, R. P. C., & R. Bere, M. L. (2020). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Wisata di Pantai Lasiana. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(1), 53–66.

Fatihudin & Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa. CV Budi Utama.

Halim, F., Zukhruf Kurniullah, A., Butarbutar Efendi, M., Sudarso, A., Purba, B., Lie, D., Hengki Mangiring Parulian Simarmata, S., Adi Permadi, L., & Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. In Manajemen Pemasaran Jasa.

Indrasari, Dr. M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015). Marketing. Pearson Higher Education AU.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016) Manajemen pemasaran. Astromax Entertainment.

Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727–737.

Margaesta. (2021). Analisis Pengaruh Aksesibilitas Lokasi, Fasilitas Kesehatan, Kinerja Layanan dan Kepercayaan Pasien Terhadap keputusan Pengguna Jasa Pada Rumah Sakit Bersain Jempa di Pontianak. 7(4), 1–12.

Nurliani & Asyhari. (2023). Buku Ajar Gizi Olahraga. PT Nasya Expanding Management.

Saputra. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Sandubaya Futsal. American Heritage Custom Pub. Group.

Sismoyowati, D. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelngguna Jasa (Studi Pada Pengguna Jasa Fitnes Center Club Arena International Hotel Ciputra Semarang). Universitas Semarang.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. cetakan 2. Bandung: Cv Alfabeta.

Sumayang, L. (2003). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Syuqrie. (2022). Pengaruh Fasilitas, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Penyewaan Lapangan Sport Futsal Kota Tarakan.

Tjiptono, F. (2022). Manajemen dan Strategi Kepuasan Pelanggan. In Manajemen dan Strategi Kepuasan Pelanggan.

Wibi. (2018). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan konsumen Pada Qalbu Salim (QS) Futsal Medan. Jurnal Ekonomi, 372(2).

Yousapronpaiboon, K., & Johnson, W. C. (2013). Measuring hospital out-patient service quality in Thailand. Leadership in health services, 26(4), 338-355.

Published

2024-04-25

Issue

Section

Journal of Knowledge Management