Meningkatkan Metode Observasi yang Divariasikan Dengan LKS Word Square pada Materi Klasifikasi Hewan di kelas IX A SMPN 1 Paseh
Sari
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat diambil  kesimpulan bahwa melalui metode observasi yang divariasikan dengan LKS Word square pada materi Klasifikasi Hewan di kelas IX A SMP Negeri 1 Paseh, keaktifan dan motivasi belajar siswa serta kinerja guru baik, hal ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata kelas 69,63 menjadi 76, 38 dengan ketuntasan klasikal 77,5% menjadi 87,5%.
Berdasarkan hasil  penelitian  yang  telah  dicapai,  maka  dapat  diberikan saran sebagai berikut: Hendaknya guru biologi menerapkan metode observasi dan LKS Word square pada materi-materi biologi yang lainnya, karena metode observasi yang divariasikan dengan  LKS Word square memudahkan siswa dalam memahami materi yang dipelajari: Perlu  dilakukan   sosialisasi  terlebih  dahulu  tentang  langkah-langkah pembelajaran  metode  observasi  yang  divariasikan  dengan  LKS  Word square pada siswa sebelum  diterapkan dalam pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancer; Perlu  manajemen  waktu  yang  baik  terhadap  pelaksanaan  pembelajaran melalui penerapan metode observasi yang dvariasikan dengan LKS Word square  sehingga  siswa  benar-benar  dapat  memanfaatkan  waktu  untuk berdiskusi dan memahami materi yang dipelajari. Perlu  diupayakan  pengelolaan  kelas  yang  baik  oleh  guru  saat  proses pembelajaran  berlangsung  sehingga  siswa  benar-benar  terlibat  dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download (PDF)Referensi
Ali, Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Angkasa. Anni, Catharina, Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : Unnes Press. Anonim. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
. 1991. Material for Learning Work Sheet Biology. Indonesia PKG.
Science Instructor.
. 1993. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Semarang.
Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Budimansyah, D. 2002. Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Bandung: Grasindo.
Dahar, R. W. 1989. Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga. Djajadisastra, J. 1982. Metode-metode Mengajar. Bandung: Angkasa.
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widyasarana Indonesia.
Hornby, A.S. 1974. Oxford Advanced learner’s dictionary of Current English: Oxford University Press.
Kauchak, P. D. 1998. Learning and Teaching: Riset and Based Method. Amerika Serikat Aviacom Company.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nugroho. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press. Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contectual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.
. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo.
Ridlo, S. 2002. Diktat Kuliah Evaluasi pembelajaran. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Saptono, S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motiovasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Subiyanto. 1990. Strategi Belajar Mengajar IPA. Malang: IKIP Malang.
Sudjana, N. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suhandini, P. 2003. Pembelajaran Kontekstual dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Manajemen Berbasis Sekolah. Makalah disampaikan dalam Seminar dan Lokakarya Nasional 29 April 2003.
Syamsuri, I; Sulis, S; Ibrohim; Sofia. 2004. Sains Biologi SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Urdang, L. 1968. The Random House Dictionary of the English Language the College Edition. New York: Random House.
Winataputra, U.S. 1992. Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v1i1.2154
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Pengunjung :
Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id
Copyright © journal.uniga.ac.id 2021 | This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing: