Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ipas Materi Sistem Pernapasan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.52434/pgmi.v4i1.42933Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPAS, materi sistem pernapasan manusia, melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas VB MIN 1 Pandeglang. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 61,88 pada pra-siklus menjadi 70 pada siklus I, kemudian menjadi 80,65 pada siklus II. Ketuntasan belajar juga meningkat dari 12,5% pada pra-siklus, menjadi 37,5% pada siklus I, dan 81,25% pada siklus II. Selain memperoleh nilai yang lebih baik, siswa juga lebih aktif dalam pembelajaran, terlihat dari keberanian menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan. Dengan demikian, penerapan model discovery learning terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar IPAS pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VB MIN 1 Pandeglang.
Kata kunci: Discovery Learning, Prestasi Belajar, IPAS, Sistem Pernapasan Manusia


