Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Ibtida’iyah

Authors

  • Atik Fauziyah Atik Fauziyah
  • Lailatul Maghfiroh Universitas Islam Tribakti Lirboyo
  • Novida Aprilina Nisa Fitri Universitas Islam Tribakti Lirboyo
  • Ari Susetiyo Universitas Islam Tribakti Lirboyo

DOI:

https://doi.org/10.52434/pgmi.v4i1.42913

Abstract

supervisi di sekolah dilaksanakan oleh kepala sekolah yang bertindak sebagai  supervisor, maka ia harus mampu melakukan berbagai pengawasan dan pengendalian  untuk meningkatkan kinerja guru. Pengawasan dan pengendalian merupakan Tindakan  preventive untuk mencegah agar guru tidak melakukan penyimpangan dan lebih  berhati hati dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai pendidik. Oleh karena itu,  penelitihan ini mengungkap kegiatan supervisi yang di lakukan oleh kepala sekolah MI  Hidayatul Mubtadiin Jati Kota Kediri terhadap kinerja guru. Adapun secara ringkas  hasil dari penelitihan ini adalah  fokus kegiatan supervisi yang dilakukan kepala  sekolah MI Hidayatul Mubtadiin ialah supervisi RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan  supervisi administrasi guru, kegiatan supervisi membantu bagi guru dalam  memecahkan masalah-masalah Pendidikan yang dihadapi guru pada saat melakukan  pembelajaran, serta dapat memberikan semangat, dan motivasi bagi guru agar selalu  meningkatkan pengetahuan untuk menjadi guru yang professional dalam  melaksanakan pembelajaran. hambatan kepala sekolah dalam supervisi adalah  ketidak siapan para guru dan beberapa mata pelajaran yang pelaksanaannya masih kurang maksimal.

 

Kata kunci: supervisi, pendidikan, madrasah ibtida’iyah

 

Published

2025-09-10