Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Materi Ekosistem

Authors

  • Ineu Siti Nurjanah Ineu Siti Nurjanah
  • Rudi Akmal Rudi Akmal Universitas Garut
  • Hanny Latifah Hanny Latifah Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/pgmi.v4i1.42910

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnyai kemampuani berpikirikritisi pesertai didiki dan perlu adanya modeliajar berbasis teknologi yang mampu meningkatkani kemampuani berpikirikritis. Penelitianiiniibertujuaniuntukimengetahuiiperbedaan peningkatan dan pengaruh kemampuani berpikirikritisipesertaididikiterhadap model Problem Based Learning berbasis audio visual. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitianieksperimenijenis quasi eksperimen dengani desaini penelitianinon-equivalenti controligroupidesign. Tekniki pengumpulani datai berupa tesisoal, lembar observasiidan dokumentasi. Hasilipenelitiani menyatakan bahwa kemampuaniberpikirikritisikelasieksperimenidiperolehinilai N-Gain 0,76 yang termasuk kategoriitinggiisedangkan kelas control diperoleh nilai N-gaini0,63 yangitermasukikategoriisedang. Berdasarkan lembar keterlaksanaan model PBL memperoleh skor 97%. Kemudian hasil ujiiTiindependenti sampeli titestinilai sig. (2-tailed) sebesari0,036 < 0,05. Dengan demikian disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen yang menerapkan model PBL berbasis audio visual dengan kelas control yang menerapkan model problem solving berbasis PPT

Kata kunci: Kemampuan Berpikir kritis, Problem Based Learning berbasis audio visual

Published

2025-09-10