Penggunaan Sains Teknologi Masyarakat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.52434/pgmi.v4i1.42896Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV MI Al-Amin Desa Cimanganten Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan oleh guru kelas IV MI Al-Amin dengan mengunakan model dari Ari Kunto, yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Amin yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi dan catatan lapangan intrumen yang digunakan yaitu lembar obsevasi hasil belajar siswa. Analisis data pada penelitian ini mengunakan deskriftif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif yaitu dengan mencari persentase hasil ahir observasi siswa. Hasil persentase tersebut kemudian di analisis secara kulitatif berupa pemaparan kata dalam bentuk kata-kata. Berdasarkan hasil observasi terjadilah peningkatan hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya. Diketahui bahawa antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat 25% yaitu dari 37,5% yang mencapai kretria ketuntasan minimum menjadi 62,5% peningkatan hasil belajar ini belum mencapai target pembelajaran. pada siklus II perolehan hasil belajar IPA mencapai 100% .Hal ini sudah menunjukan adaya peningkatan dari siklus I. Peningkatkan yang terjadi dari siklus II sebesar 37,5% yaitu dari 62,5% yang mencapai keteria ketuntasan minimum menjadi 100%.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA, Pengunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat.


