Strategi Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Humanistik Untuk Membangun Kepercayaan Diri Siswa Kelas V di Sdn Karang Anyar 1

Authors

  • Anggi Rizki Dwi Cahyani Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.52434/pgmi.v3i1.42477

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi implementasi pendekatan humanistik oleh guru dalam rangka mengembangkan kepercayaan diri siswa sekolah dasar. Melalui metodologi kualitatif-deskriptif, penelitian ini dilakukan di SDN Karang Anyar 1 dengan fokus pada kelas V yang melibatkan 20 siswa dan guru yang mengajar di kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa operasionalisasi pendekatan humanistik diwujudkan dalam tiga strategi mendasar, yaitu pembangunan lingkungan psikologis yang kondusif, penerapan pengajaran dialogis, dan diferensiasi pembelajaran yang responsif terhadap heterogenitas siswa. Implementasi tersebut menghasilkan transformasi multidimensi kepercayaan diri siswa yang teridentifikasi dalam aspek kognitif, afektif, dan perilaku. Efektivitas pendekatan ini dipengaruhi oleh faktor institusional, orang tua, waktu, dan kemampuan beradaptasi siswa. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi pentingnya pendekatan humanistik sebagai kerangka kerja pedagogis yang efektif dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa di tingkat pendidikan dasar.

 

Kata kunci: Pendekatan humanistik, kepercayaan diri, pendidikan dasar

Published

2024-03-29