Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampun Membaca Permulaan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.52434/pgmi.v3i2.42079Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan kepada strategipembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam peningkatan pembelajaran siswa dalam membaca permulaan. Kemampuan membaca permulaan siswa di MI Al-Mubdi Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut sangatrendah. Hal ini disebabkan karena Tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda serta masih kurangnya pengetahuan siswa tentangtandabaca dan belummampumembedakan huruf vocal dankonsonan serta belum mampu dalam pengejahan. Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa merupakan salah satu focus utama dalam Pendidikan dasar. Strategi guru dalam hal ini berperan penting untuk memastikan siswa mampu membaca dengan lancer dan baik. Peneliti ini mengidentifikasi dan menganalisis berbagai strategi yang diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode ini bertujuan mengumpulkan data secara mendalam, kemudian menganalisisnya untuk memahami karakteristik, pola, atau hubungan antar variable. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membacapermulaan siswa. Data dikumpulkan melalui; a) Observasi
- b) Wawancara, c) Analisis dokumen untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang fenomena yang diteliti. Menindaklanjuti temuan ini, maka strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membacapermulaan siswayaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung(Direct instruction) dengan mengguakan metode pembelajaran pengulangan (Drill).
Kata kunci: Kemampuan membacapermulaan, strategipembelajaran langsung, metode drill.


