Grand Parenting dan Pembentukan Identitas Sosial Anak Usia Sekolah Dasar: Analisis Pustaka

Authors

  • Rendy Yusuf Asrofi
  • Tegar Firmansyah Universitas garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/pgmi.v3i2.41888

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran grand parenting dalam pembentukan identitas sosial anak usia sekolah dasar, serta dampak positif dan negatif yang muncul dari keterlibatan kakek-nenek dalam pengasuhan. Berdasarkan kajian literatur terhadap 50 artikel akademik yang diterbitkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, penelitian ini menemukan bahwa kakek-nenek tidak hanya berfungsi sebagai pendukung emosional, tetapi juga sebagai pengajar nilai-nilai budaya dan tradisi yang berkontribusi dalam membangun identitas sosial anak. Keterlibatan kakek-nenek membantu anak mengembangkan rasa percaya diri, keterampilan sosial, dan pemahaman akan norma-norma sosial, meskipun beberapa permasalahan seperti ketidaksesuaian nilai antar-generasi dan ketergantungan emosional dapat muncul. Penelitian ini juga mengidentifikasi gap literatur terkait dampak jangka panjang grandparenting pada pembentukan identitas sosial anak, yang menekankan perlunya penelitian lanjutan di bidang ini. Implikasi praktis penelitian ini relevan bagi orang tua, pendidik, dan pembuat kebijakan dalam menciptakan lingkungan keluarga yang mendukung pembentukan identitas sosial anak melalui pengasuhan kakek-nenek.

 

Kata Kunci: grand parenting, identitas sosial, anak usia sekolah dasar.

Published

2024-09-29