Pendidikan dalam Perspektif Islam

Authors

  • Muhamad Afandi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.52434/pgmi.v3i2.41814

Abstract

Pendidikan dalam perspektif Islam merupakan suatu proses pembinaan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi individu melalui pendekatan yang mencakup aspek intelektual, fisik, dan spiritual. Proses ini dirancang untuk membentuk kepribadian Islami dengan mentransformasi dan menginternalisasi nilai-nilai Islam. Dua landasan utama pendidikan Islam adalah Al-Qur'an dan Al-Hadis. Tujuan pendidikan Islam adalah untuk membina individu agar dapat melaksanakan ajaran agama Islam dengan baik dan sempurna, yang tercermin dalam sikap dan tindakan mereka di seluruh aspek kehidupan, demi mencapai kebahagiaan dan kejayaan baik di dunia maupun di akhirat. Ruang lingkup pendidikan Islam mencakup berbagai aspek, antara lain: tujuan pendidikan Islam, peran pendidik, karakteristik peserta didik, kurikulum pendidikan Islam, materi ajar, metode pengajaran, media pendidikan, sarana dan prasarana, evaluasi pendidikan, serta lingkungan pendidikan.

Kata Kunci: Pendidikan, Islam, Pendidikan Islam

 

References

Ali, M. (2017). Hakikat Pendidik Dalam Pendidikan Islam. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), Art. 01.

Asy’ari, M. K. (2014). Metode Pendidikan Islam. Qathrunâ, 1(01), Art. 01.

Dalimunthe, P. A. (2017). Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.30821/ihya.v3i2.1326

Damopolii, M. (2011). Pesantren Modern IMMIM Pencetak Muslim Modern. Raja Grafindo Persada.

Djollong, A. F. (2017). Dasar, Tujuan Dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Al-Ibrah, 6(1), Art. 1. https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/59

Engku, I., & Zubaidah, S. (2014). Sejarah Pendidikan Islami. Remaja Rosdakarya.

Gaffar, I. A. (2006). Kurikulum Dan Materi Pendidikan Islam. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.24239/jsi.v3i1.243.37-52

Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), Art. 2. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397

Kosim, M. (2008). Guru Dalam Perspektif Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.19105/tjpi.v3i1.223

Nashir, R. (2010). Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Pustaka Pelajar.

Rianie, N. (2015). Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan dalam Konsep Teori Pendidikan Islam dan Barat). Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.18592/moe.v1i2.350

Salim, A. (2019). Kurikulum Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3268

Saputra, M. I. (2015). Hakekat Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1516

Siddik, H. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Islam | Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/590

Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1876

Syahidin. (2009). Menelusuri Metode Pendidikan Dalam al-Quran. Alfabeta.

Syawaluddin, F. A. (2019). Esensi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Pena Cendikia, 2(2), Art. 2. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/pena/article/view/59

Umar, B. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.

Published

2025-08-11