Model Pembelajaan Tadabbur Alam Dalam Mencintai Lingkungan Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.52434/pgmi.v3i1.41799Abstract
Implementasi model pembelajaran Tadabur Alam terhadap karakteristik mencintai lingkungan alam peserta didik kelas IV MI Alam Alfakids tahun ajaran 2024/2025. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren Mathali’ul Falah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Tadabur Alam terhadap karakteristik mencintai lingkungan alam peserta didik kelas IV MI Alam Alfakids tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan jenis deskriptif yang bertujuan untuk menggali informasi melalui observasi langsung, wawancara terstruktur dan studi dokumentasi tentang Implementasi model pembelajaran Tadabur Alam terhadap karakteristik mencintai lingkungan alam peserta didik kelas IV MI Alam Alfakids tahun ajaran 2024/2025.MI Alam Alfakids telah berhasil mengimpelemntasikan model pembelajaran tadabur alam pada Pelajaran Aqidah akhlak terhadap karakteristik mecintai lingkungan alam. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Aqidah dan akhlak dan keberlanjutan dalam setiap aspek. Pada model pembelajaran ini tidak hanya mengubah cara siswa memahami alam semesta tetapi juga membentuk karakter mereka untuk menjadi manusia yang peduli terhadap lingkungan.Faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran tadabur alam terhadap karakteristik mencintai lingkungan alam MI Alam Alfakids Ngablak, cluwak, pati. Faktor pendukungnya yaitu SDM guru yang cukup, sarana prasana yang memadai, pelatihan dan pengembangan profesional. Adapun faktor penghambat nya yaitu kurangnya dukungan dari orang tua, ketidakstabilan atau kondisi lingkungan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Tadabur Alam, Pelajaran Aqidah Akhlak, Karakteristik Mencitai Lingkungan Alam.
References
Abah Syafah. (2014). Konsep Tadabbur Al-Qur’an, 2nd ed (2nd ed.). Maulana Media Grafika.
Ghifari, H. (2018). Hanif Ghifari, “Penerapan Model Pembelajaran Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII C Di SMP N Batanghari. In Universitas Raden Intan Lampung.
Hilmi Hambali. (2017). Eksplorasi Pembelajaran Tadabbur Alam Dalam Kecerdasan Naturalis (Naturalistik Intellegence) Dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intellegence) Siswa SMP Unismuh Makasar. Pendidikan Fisika, 5(1).
Lendo, N. (2016). The Blue Print Sekolah Alam. Yayasan Alam Semesta.
M Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Mesiono. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal. Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, 1(1).
Nurdin, & Nurdin, B. U. S. (2003). Guru Profesional & Implementasi Kurikulum. Ciputra Press.
Tampubolon Rismawaty. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sdn 164319 Tebing Tinggi. School Ediition Journal, 10(3).
Yusrina, M., Syakroni, A., Af’idah, I. N., & Alnashr, M. S. (2023). Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pati dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Research Journal on Teacher Professional Development, 1(2).


