Penerapan Model Experiental Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajar Sbk (Penelitian Eksperimen di Kelas V Mi At-Tarbiyah Karangpawitan Garut)

Authors

  • Desi Siti Sya’baniah

DOI:

https://doi.org/10.52434/pgmi.v3i2.41778

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata dasar siswa dengan menerapkan model experiental learning pada pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V Mi At-Tarbiyah Karangpawitan Garut dan silatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan khususnya dalam hal menari pada siswa, penerapan medel yang kurang bervariatif dan cenderung membosankan serta beberapa siswa belum memenuhi KKM yang telah ditentukan dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Setelah penenlitian ini selesai diharapkan dapat memberikan masukan kepada guru dalam melaksanakan pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan khususnya dalam materi seni tari siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonquivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI At-Tarbiyah Karangpawitan Garut. Sampel dalam penelitian in diambil dengan metode pengambilan sampel secara nonprobability sampling dengan sampel jenuh. Maka sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI At-Tarbiyah Karangpawitan Garut. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen sebesar 82,10 dan siswa kelas kontrol sebesar 69,87. Setelah dilakukan uji t pada data hasil posttest didapat nilai thiung Sebesar 3,304 dan ttabel sebesar 2,007 yang didapat dari interpolasi db = 51, α = 0,05. Maka thitung berada diluar penerimaan Ho, yang artinya H diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK dengan menerapkan model experiential learning lebih baik daripada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci : penerapan experiential learning, hasil belajar

Published

2024-09-29