Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan
DOI:
https://doi.org/10.52434/pgmi.v3i1.41523Abstract
Implementasi model pembelajaran Tadabur Alam terhadap karakteristik mencintai lingkungan alam peserta didik kelas IV MI Alam Alfakids tahun ajaran 2024/2025. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren Mathali’ul Falah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Tadabur Alam terhadap karakteristik mencintai lingkungan alam peserta didik kelas IV MI Alam Alfakids tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan jenis deskriptif yang bertujuan untuk menggali informasi melalui observasi langsung, wawancara terstruktur dan studi dokumentasi tentang Implementasi model pembelajaran Tadabur Alam terhadap karakteristik mencintai lingkungan alam peserta didik kelas IV MI Alam Alfakids tahun ajaran 2024/2025.MI Alam Alfakids telah berhasil mengimpelemntasikan model pembelajaran tadabur alam pada Pelajaran Aqidah akhlak terhadap karakteristik mecintai lingkungan alam. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Aqidah dan akhlak dan keberlanjutan dalam setiap aspek. Pada model pembelajaran ini tidak hanya mengubah cara siswa memahami alam semesta tetapi juga membentuk karakter mereka untuk menjadi manusia yang peduli terhadap lingkungan.Faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran tadabur alam terhadap karakteristik mencintai lingkungan alam MI Alam Alfakids Ngablak, cluwak, pati. Faktor pendukungnya yaitu SDM guru yang cukup, sarana prasana yang memadai, pelatihan dan pengembangan profesional. Adapun faktor penghambat nya yaitu kurangnya dukungan dari orang tua, ketidakstabilan atau kondisi lingkungan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Tadabur Alam, Pelajaran Aqidah Akhlak, Karakteristik Mencitai Lingkungan alam
References
Harefa, D., dkk. (2022). “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk MeningkatkanHasil Belajar Matematika”.Jurnal Kajian PendidikanMatematika.Vol. 6, (1), 13-26.
Huda,M.(2013).Model-ModelPengajarandanPembelajaran.Yogyakarta:PustakaBelajar. Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Khoerunisa,E.(2013).MeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaPembelajaranIPAMateriSiklus Air dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Eksperimen. Skripsi pada UPI: tidak diterbitkan.
Nurprariwi,R.T.,Sigid,S.,danEsti,S.,(2015)."PeningkatanAktivitasdanPrestasiBelajarSiswa melalui Metode Pictur and Pictur dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri I Bantarkawung". Journal Geoedukasi. [Online], Vol. 4, (2), 1-8 Tersedia: https://jurnalnasional.ump.ac.id [14 Maret 2024].
Rachmatullah, et.all. (2018). Development of computerbased interactive multimedia: study on learning in elementary education. Int. J. Eng. Technol, 7(4), 2035-2038.
Rapiadi.(2022).MonografPengaruhKemandirianBelajarSiswadanMotivasiBelajarTerhadap HasilBelajarPendidikanAgamaBuddha. Sumatra Barat:PT. Insan CendekiaMandiri Group
Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Graffindo Persada.
Sari,D.P.,&Amaliyah,R.(2020). EnhancingStuden’tsLearningOutcomesThroughtSnowball ThrowingMethodinEFLClassroom.InternasionalJournalOfLanguageEducationanf Culture Review (IJLECR). [Online], 6(1), 15-27. Tersedia htpps://doi.org/10.21462/ijlecr.v6i1.98 [14 Maret 2024].
Sinar.(2018).MetodeActiveLearning.Yogyakarta:CVBudi Utama.
Sumayana, Y., Sutarman., & Ningsih, D. R. (2021). Pengaruh Media Tangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Ekonomi. Jurnal Education, 7(I)260-264.
Wati,E.R.(2016).RagamMediaPembelajaran.Jakarta:KataPena.


