Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Materi Keragaman Budaya Bangsa Di Wilayah Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.52434/pgmi.v3i1.41494Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan penggunaan model pembelajaran yang masih belum bervariasi dalam proses belajar, pembelajaran yang masih bersifat konvensional, rendahnya hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS, rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang sudah dipelajari, dan siswa mengalami kesulitan dalam menerima menangkap materi. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 lingkungan sahabat kita materi keragaman budaya di wilayah Indonesia pada siswa kelas V SDN Cinarengta. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen yaitu one grup pretest- posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik tes dengan instrumen berupa soal tes pilihan ganda dan uraian. Berdasarkan hasil belajar siswa bahwa nilai pretest rata- rata mendapatkan nilai 62,50% sedangkan hasil nilai posttest rata- rata mendapatkan nilai 77,50%. Hal ini di dukung dengan hasil analisis data dengan nilai sebesar (6,097) dan nilai sebesar (1,796), Sehingga maka diterima dan ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS materi keragaman budaya bangsa di wilayah Indonesia siswa kelas V SDN Cinarengta.
Kata kunci: Picture and picture, hasil belajar, keragaman budaya
References
Amin, et.al. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontenpore. Jakarta: Pusat Penerbit LPPM.
Habibi, Y., & Adnan, N. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3399- 3412.
Payadnya, I. P . A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Sumayana, Y., Sutarman., & Ningsih, D. R. (2021). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Ekonomi. Jurnal Education, 7(1), 260- 264.
Sumayana, Y., Akbar, A., & Marlina, D. (2021). Penggunaan Media Pop up Book Untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Materi Karakteristik Georafis Indonesia. Jurnal Education, 7(4), 2076- 2081.
Sudjana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wulandari, T. (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: UNY Press.


