Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Bantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika

Penulis

  • Neng Siti Nurjanah

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa hasil PISA 2018, Indonesia berada di peringkat 73 dari 79 Dinyatakan bahwa tingkat pemahaman matematika peserta didik di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Hal tersebut diperkuat dengan hasil wawancara sebelum penelitan dibeberapa sekolah diwalayah Garut, yang hasilnya bahwa kemampuan matematika rendah dan salah satu cara untuk meningkatkannya melalui peningkatan pemahaman konsep peserta didik, sehingga cara yang perlu dilakukan adalah diminimalisir bahkan ditingkatkan dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media konkret. Pada pelaksanaannya tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan, dan bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep setelah diterapkannya model tersebut. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental. Dengan Desain One Group Pretest and Posttest instrumen yang digunakan dalam penelitian untuk mengambil data berupa lembar observasi, dan tes kognitif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media konkret hasil observasi mencapai 88% dengan kategori sangat baik dialnjutkan dengan tahap posttest, nilai T Hitung lebih besar daripada nilai T Tabel, yaitu 16,41 > 2.09. Dengan demikian berarti Ha diterima yang artinya terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik pada pembelajaran matematika menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media konkret. Untuk melihat seberapa tinggi peningkatannya maka dilakukan pengujuan Gain, hasilnya terdapat peningkatan sebesar 0,70 dengan kategori sedang.

Diterbitkan

2024-09-06