Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika Pada Materi Pembagian di Kelas IV SD Unggulan Al-Izzah Bandung

Penulis

  • Ani Yanti Ginanjar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Risma Khoiru Nissa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizki Maulina Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rodiah Faturohmah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Abstrak

Penelian dilakukan di SD Unggulan Al Izzah Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan serta faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa di kelas IV SD Unggulan Al-Izzah Bandung pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi dan wawancara terkait kesulitan serta faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa di kelas IV SD Unggulan Al- Izzah Bandung pada pembelajaran matematika. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar matematika di kelas IV SD Unggulan Al-Izzah Bandun terdapat pada materi pembagian. Faktor penyebab kesulitan belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Wali kelas dari kelas IV SD Unggulan Al-Izzah mengupayakan untuk membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajarnya pada materi pembagian dengan membuat pembelajaran-pembelajaran yang menarik dan menggunakan media pembelajaran yang konkret.

Biografi Penulis

Ani Yanti Ginanjar, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Dosen tetap PGMI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Risma Khoiru Nissa, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Mahasiswa PGMI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Rizki Maulina, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Mahasiswa PGMI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Rodiah Faturohmah, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Mahasiswa PGMI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Referensi

Amirul Hadi, H. (1998). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Andri, O. J. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Tematik Pada Sisw SDN 01 Nangka Kantuk. J-Pmat, 160.

Dea Rizka Amalia, F. C. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV . Jurnal Pendidikan dan Konseling , 946.

Effendi, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Model Discovery Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis . Digital Repository UNILA.

Heryanto, S. B. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 46.

Lebyana Norma Belinda, D. M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Matematika Pada Siswa Kelas 3. Jurnal Kajian Pendidkan dan Hasil Penelitian, 38.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidkan . Bandung: CV Pustaka Setia.

Max A. Sobel, E. M. (2004). Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

Mukminah, H. S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1 Anyar. Jurnal Pacu Pendidkan Dasar, 3.

Nunung Sobarningsih, H. S. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matemtika, 68.

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.

Smith, J. D. (2014). Sekolah Inklusif. Bandung: NUANSA CENDEKIA.

Sri Ayu, S. D. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA, 1612.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFA BETA, CV.

Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. EDUKTIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 97.

Diterbitkan

2024-09-07