Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dengan Media Kokami Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN 2 Rejosari
Abstrak
ABSTRAK
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik mata pelajaran IPA kelas V di SD N 2 Rejosari masih tergolong kurang kritis. Serta penggunaan metode yang kurang bervariasi, pembelajaran yang kurang menarik dan berpusat pada guru. Maka perlu adanya metode dengan bantuan media pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan peserta didik menjadi lebih aktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Kokami terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Rejosari Kab. Lampung Tengah. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Quasi Eksperimental Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent (Preetest and posttest) Control Group Desaign. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan berjumlah 45 peserta didik dengan penjabaran 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen atau kelas V A yang menerapkan model pembelajaran TGT, sedangkan 19 peserta didik sebagai kelas kontrol atau kelas V B yang menerapkan model pembelajaran TPS. Teknik pengumpulan data untuk kemampuan berpikir kritis berupa pre-test dan post-test kemudian di analisis dengan uji-t, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis data uji paired samples t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh taraf signifikan (sig) < 0,05 yaitu 0,014 < 0,05 yang menunjukan bahwa H0 ditolak dan HI diterima pada penelitian ini. Artinya pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT ini berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Rejosari Kab. Lampung Tengah yang dimana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan.
Kata Kunci: TGT, Berpikir Kritis