Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Perkembangan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di SMA Plus Bahrul Ulum Sungailiat Bangka
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 di SMA Plus Bahrul Ulum Sungailiat Bangka, upaya-upaya yang dilakukan serta tantangan yang dihadapi guru dalam pengajaran di kelas oleh guru bahasa Arab pada penerapan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif jenis studi kasus melalui teknik pengumpulan data, observasi terhadap proses belajar mengajar, dan wawancara terhadap guru bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 di SMA Plus Bahrul Ulum Sungailiat Bangka telah dilaksanakan dan memperoleh peningkatan kualitas belajar, partisipasi siswa, keterlibatan orang tua dan masyarakat, evaluasi dan penyesuaian, serta pengembangan kompetensi siswa secara holistik. Beberapa upaya yang dilakukan dalam pengembangan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab adalah menyesuaikan pembelajaran dengan standar kompetensi, menggunakan pendekatan langsung dan berpusat, mengembangkan bahan ajar yang bervariasi, menerapkan pembelajaran berbasis proyek, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, menerapkan penilaian autentik, dan berkolaborasi dengan guru dan staf sekolah. Adapun tantangan yang dihadapi pada implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas adalah cakupan materi yang lebih luas, kemampuan siswa yang beragam, pengembangan materi dan sumber daya yang minim, penilaian langsung, dan pelatihan dan pengembangan profesional.
Referensi
Abdurrahman, M., Suherman, A., Masor, M., & Fadhlillah, A. M. I. (2015). Tantangan Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Dalam Perspektif Kompetensi Pedagogik dan Profesional. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1). https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1513
Al Faris, F. (2015). Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progressivisme.
Anwar, R. (2014). Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013.
Dinia, S., & Minarti, E. D. (2019). Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 dan Cara Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 1(1), 7–16.
Fadia, S., & Fitri, N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.
Hami, Eli, & Idris, Mahsyar. (2015). Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sman 1 Panca Lautang Sidrap. ISTIQRA’, 2.
Iramdan, & Manurung, Lengsi. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5.
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2014). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6.
Masruri, Irwan. (2015). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 Mata Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas X Man Wonosari Gunungkidul.
Nur, F., & Kurniawati, A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. In AoEJ: Academy of Education Journal (Vol. 13, Issue 1).
Pea Yuanita Meishanti, O., Dian Rahmawati, R., & Jannah, R. (2020). Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Metode Muhadatsah menggunakan Pocket Book.
Rachmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif.
Rusdin. (2021). Peluang Dan Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Studi Kasus di Mts Negeri 1 Mamuju.
Takdir. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Naskhi, 2.
Widayat, Prabowo Adi. (2017). Inovasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah Berbasis Kontruktivisme.