Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Ani Siti Anisah, Zuliana Syafitra

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa melalui model pembelajaran scramble. Metode penelitian yang digunakan adalah melalui pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai pada LKS Scramble Kata, siswa banyak mendapatkan nilai rata-rata 97,91. Pada Scramble Kalimat siswa banyak mendapatkan nilai rata-rata 89,16. Pada Scramble Paragraf siswa banyak mendapatkan nilai rata-rata 81. Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Scramble dengan rata-rata hasil pretest sebesar 32,38 dan posttest sebesar 76,19 dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Scramble dengan rata-rata hasil pretest sebesar 41,90 dan posttest sebesar 86,67. Hasil angket menunjukkan hasil rata-rata sebesar 69,03 % dengan kategori Baik. Begitupun hasil analisis statistik yang dilakukan, diperoleh data pretest diperoleh – ttabel ≤ thitung ≤ ttabel (-2,4233 ≤ 2,632 ≤ 2,4233) maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan awal yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut berarti bahwa pengetahuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah berbeda. Sedangkan dari data posttest diperoleh –ttabel ≤ thitung ≤ ttabel (-2,4233 ≤ 3,95 ≤ 2,4233) maka Ha diterima, artinya hal tersebut berarti bahwa pengetahuan akhir siswa sesudah diberi perlakuan adalah berbeda.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Endayani, H. (2017). Visi Pembelajaran IPS Yang Powerful. Ijtimaiyyah Jurnal Sosial Dan

Budaya, 1. No (2) (20), 1–16.

http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/issue/view/181.

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD

Oktaviastuti Awalia Fajrin PGSD Universitas Kristen Satya Wacana Pendidikan adalah

usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses

pembelajaran agar pese. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91.

Farida, U., Agustini, F., & Wakhyudin, H. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble

Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ips Siswa Kelas Iii Sd Negeri

Kebondalem 01 Batang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 192.

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11840

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maftuh, B. (2010). Memperkuat Peran IPS dalam Membelajarkan Keterampilan Sosial dan

Resolusi Konflik. 1–32.

http://file.upi.edu/Direktori/PIDATO/3._PIDATO_PENGUKUHAN_BUNYAMIN.pdf

N. Qomariah, G. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan

Kemampuan berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pengkajian Ilmu Pembelajaran Matematika

dan IPA. IKIP Mataram Vol 4 (1), 42.

Pribadi, B. A., & Delfy, R. (2015). Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping)

dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Pendidikan Terbuka dan

Jarak Jauh, 16(2), 76-88. Retrieved from

http://jurnal.ut.ac.id/JPTJJ/article/view/408/421

Putra, P., & Syafrudin, S. (2020). Scramble Learning Model to Improve the Ability Reading

the Quran in Elementary School/Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan

Jurnal PGMI Universitas Garut Siti Anisah, Syafitra

Kemampuan Membaca Al-Quran pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah

Ibtidaiyah. Journal AL-MUDARRIS, 3(1), 26.

https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.332

Rohmah, N., Huda, M., & Kusmintardjo, A. Y. (2016). Strategi Peningkatan Kemampuan

Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah (Studi Multi Kasus pada UNISDA dan STAIDRA

di Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312-1322. Retrieved from

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6560/2795

Rosmanah, A. (2019). Pentingnya Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Visual

dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan,

(1), 706–712.

Sagala, S. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Zakky. (2020, February 23). Pengertian Hasil Belajar/ Definisi, Fungsi, Tujuan, Faktor

Lengkap]. Retrieved from Zona Referensi.com:

https://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan Universitas Garut
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : -

Pengunjung:

View My Stats