Penerapan Metode Pembelajaran Targhib (Imbalan) dan Tarhib (Hukuman) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen Quasi di Kelas III SDIT Atikah Musaddad Garut)

Penulis

  • Syifa Nurlaila Universitas Garut
  • Masripah . Universitas Garut
  • Asep Tutun PGMI FPIK Universitas Garut

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan siswa yang menganggap bahwa Bahasa Arab mata pelajaran yang sulit, selain itu dalam proses pembelajaran guru kurang variatif dalam mengajar. Guru jarang menggunakan metode dalam menyampaikan pembelajaran sehingga siswa kurang antusias dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari penerapan metode Targhib dan Tarhib untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Quasi. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDIT Atikah Musaddad pada tahun pelajaran 2019/2020.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Quasi. Variabel dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Pembelajaran Targhib (Imbalan) dan Tarhib (Hukuman) (X) dan hasil belajar siswa (Y). populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDIT Atikah Musaddad. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode pengambilan sampel secara nonprobability sampling dengan sampel jenuh, jadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas III Ibrahim sebagai kelas Eksperimen dan kelas III Ishaq sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji kesamaan rata-rata (tes).Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata posttest siswa 73,85 dan siswa kelas kontrol 70,85. Setelah diadakan uji t dengan satu pihak pada data hasil pretest didapat nilai thitung sebesar 3,21 dan ttabel sebesar 11,34 maka thitung berada diluar daerah penerimaan Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran dengan penerapan metode Pembelajaran Targhib (Imbalan) dan Tarhib (Hukuman) lebih baik daripada pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional.

Referensi

Abdullah, Zainal. (2018). Pemanfaatan Modul Pembelajaran Agama Islam Berbasis Penerapan

Metode Targhib dan Tarhib dalam Menanamkan Nilai-nilai keimanan Peserta didik SD

Negeri 05 Mamuju. (Diakses tanggal 27/08/2019).

Daradjat, Zakiah. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Dimyati. Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Khoerunnisa, Esa. (2015). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi

Belajar Siswa. Garut: Universitas Garut.

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Kalam Mulia.

Romdhoni, N. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran Bahasa Arab. Malang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafitra, Zuliana. (2017). Penerapan Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran IPS. Garut: Universitas Garut.

Diterbitkan

2022-03-04