IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA/SISWI SMKN 10 GARUT

Penulis

  • yan-yan Aswandana Universitas Garut
  • Z. Arifin Universitas Garut
  • Azhar Ramadhana Sonjaya Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/penjas.v4i2.42406

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini merupakan aktivitas dan hasil belajar teridentifikasi masalah dari hasil Observasi yang dilakukan peneliti, peneliti menemukan banyak siswa yang tidak ikut berpartisipasi atau keaktipan siswa siswi dalam pembelajaran PJOK pada saat jam pelajaran , pada saat materi ataupun praktik. Hal ini menjadi dasar dari permasalahan yang akan di lakukan, karena pembelajaran tidak bisa dikatakan berhasil apabila masih terdapat siswa atau siswi yang kurang dalam partisipasi atau keaktipan siswa siswi tersebut. Permasalahan yang akan di jadikan penelitian kali ini yaitu seberapa beser efek dari Implementasi Metode Permainan Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa/Siswi SMKN 10 Garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak II siklus. Sasaran dalam penelitian yaitu dalam meningkatkan aktivitas dan partisipasi atau keaktipan hasil belajar siswa kelas X , XI SMKN 10 Garut yang berjumlah 20 orang. Data yang diperoleh melalui hasil tes pembelajaran dan praktek metode permainan. Dengan memperlihatkan hasil tes pada siklus I siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 7 siswa (35%) belum tuntas dan keaktipan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa (20%) belum tuntas. Untuk memaksimalkan pembelajaran agar semua siswa tuntas, dalam hal ini peneliti menggunakan program siklus II. Dari hasil tes pada siklus II telah menunjukan peningkatan yang signifikan dari Implementasi Metode Permainan Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa/Siswi SMKN 10 Garut Semua siswa sudah mampu mengikuti dan menyesuaikan diri dari kegiatan pembelajaran yang telah diterapkan

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-20

Cara Mengutip

Aswandana, yan- yan, Arifin, Z., & Ramadhana Sonjaya, A. (2025). IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA/SISWI SMKN 10 GARUT. Holistic Journal of Sport Education, 4(2), 82–80. https://doi.org/10.52434/penjas.v4i2.42406