Main Menu |
Editorial Team |
Reviewer Team |
Review Guidelines |
Focus and Scope |
Publication Ethics |
Peer Review Process |
Author Guidelines |
Author Fees |
Journal Indexing |
Author Guidelines
Bagi penulis silahkan melakukan submit artikelnya setelah login dan jangan lupa unuk menyesuaikan artikelnya dengan template yang sudah tersedia pada bilah navigasi. Pedoman penulisan artikel yang akan di submit ke jurnal HJSE sebagai berikut:
JUDUL ARTIKEL YANG MEMPRESENTASIKAN KESELURUHAN ISI ARTIKEL (KIRI, CALISTO MT, BOLD, 12 FONT SIZE)
Penulis Pertama1, Penulis Kedua2, Penulis Ketiga3 (Nama Lengap, Bold, 11 size)
Penulisan penulisan dengan berbeda afiliasi
1Afiliasi : Nama Program Studi, Nama Fakultas, Nama Universitas, Negara (11 Font Size)
2Afiliasi : Nama Program Studi, Nama Fakultas, Nama Universitas, Negara (11 Font Size)
3Afiliasi : Nama Program Studi, Nama Fakultas, Nama Universitas, Negara (11 Font Size)
Penulisan dengan afiliasi yang sama, disertai afiliasi yang berbeda
1,2Afiliasi : Nama Program Studi, Nama Fakultas, Nama Universitas, Negara (11 Font Size)
3Afiliasi : Nama Program Studi, Nama Fakultas, Nama Universitas, Negara (11 Font Size)
ABSTRAK (Calisto MT, Bold, 11 Font Size)
Abstrak diketik dalam bahasa Indonesia. Abstrak penelitian anda dalam maksimal 250 kata, jadi gunakanlah dengan bijak. Abstrak Abstrak mencakup komponen problematika, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak tidak menyertakan referensi, gambar dan tabel. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah (Calisto MT, 11 Font Size)
Kata kunci: Kata kunci antara 3 sampai 10 kata (Calisto MT, 11 font size, huruf pertama kapital)
ABSTRACT (Calisto MT, Bold, 11 Font Size
Abstract typed in English. Abstract your research in a maximum of 250 words, so use it wisely. Abstract includes components of objectives, methods, results, and conclusions. Abstract does not include references, figures and tables. Abstract is not a copy and paste result of a sentence in the manuscript (Calisto MT, 11 Font Size)
Keywords: Keywords between 3 to 7 words (Calisto MT, 11 font size, 1st word’s initial should be capita)
PENDAHULUAN (KIRI, CALISTO MT, BOLD, 11 FONT SIZE)
Isi pendahuluan adalah hal mendasar atau pokok permasalahan yang melatarbelakangi ditulisnya kajian, konteks penelitian penelusuran literatur dan tujuan penelitian. Persentase panjang halaman pendahuluan antara 10-20% dari panjang keseluruhan sebuah artikel. Rujukan ditunjukkan dengan menuliskan nama keluarga/nama belakang penulis dan tahun terbitan, tanpa nomor halaman. Landasan teori ditampilkan dalam kalimat-kalimat lengkap, ringkas, serta benar-benar relevan dengan tujuan penulisan artikel ilmiah (Justify, Calisto MT, 11 Font Size).
METODE PENELITIAN (KIRI, CALISTO MT, BOLD, 11 FONT SIZE)
Berisi deskripsi mengenai metode, populasi, sampel, teknik pengumpulan data, instrument, dan teknik analisis data. Proporsi 10-15% dari seluruh artikel. Hindari penulisan rumus-rumus statistik secara berlebihan. Jika menggunakan metode yang sudah banyak dikenal, sebutkan nama metodenya saja. Jika diperlukan, sebutkan sumber rujukan yang digunakan sebagai acuan (Justify, Calisto MT, 11 Font Size).
HASIL DAN PEMBAHASAN (KIRI, CALISTO MT, BOLD, 11 FONT SIZE)
Hasil : Menjawab tujuan penelitian dan tidak perlu menyertakan referensi untuk hasil yang anda peroleh. Dapat disertai ilustrasi gambar dan tabel (dapat dilihat pada contoh). Deskripsi : berikan penjelasan sebagai pendahuluan mengenai permasalahan yang dihadapi. Membandingkan hasil dengan penelitian sebelumnya. Proporsi 40-60% dari seluruh artikel (Justify, Calisto MT, 11 Font Size).
Sumber : Judul Sumber (Calisto MT, Bold, 10 Font Size)
Gambar 1. Judul Gambar (Calisto MT, Bold, 11 Font Size)
Aspek yang Diukur |
Pengetahuan |
Pemahaman |
Keterampilan |
Kemampuan Membimbing Guru |
Hakekat KTSP |
8.67 |
8.47 |
- |
8.20 |
Mengembangkan KTSP |
8.13 |
7.80 |
7.27 |
7.13 |
Membuat silabus dan RPP |
8.27 |
8.07 |
7.47 |
7.38 |
Melaksanakan pembelajaran |
9.00 |
8.80 |
8.13 |
8.67 |
Menilai pelaksanaan pembelajaran |
7.93 |
7.47 |
7.20 |
7.20 |
Rata-rata |
8.40 |
8.12 |
7.52 |
7.72 |
Sumber : Judul Sumber (Calisto MT, Bold, 10 Font Size)
Grafik 1: Judul Grafik (Calisto MT, Bold, 11 Font Size)
Sumber : Judul Sumber (Calisto MT, Bold, 10 Font Size)
KESIMPULAN (CALISTO MT, BOLD, 11 FONT SIZE)
Merupakan kesimpulan yang mengacu pada tujuan. Proporsi maksimal 10%. Hindari kesimpulan berupa poin-poin dalam bentuk angka maupun bullet. Dianjurkan berupa kalimat-kalimat sederhana yang menyimpulkan hasil penelitian (Justify, Calisto MT, 11 Font Size).
UCAPAN TERIMA KASIH (CALISTO MT, BOLD, 11 FONT SIZE)
Buat ucapan terima kasih dengan singkat. Sebutkan mereka yang membantu penelitian anda, termasuk : peneliti yang memasok bahan, program komputer; siapa saja yang membantu penulisan atau bahasa Inggris, memberikan komentar kritis tentang isi, atau siapa pun yang memberikan bantuan teknis. Sebutkan juga mengenai sumber pendanaan. Harap hindari meminta maaf, karena melakukan presentasi naskah yang buruk (Justify, Calisto MT, 11 Font Size).
DAFTAR PUSTAKA (CALISTO MT, BOLD, 11 FONT SIZE)
Semua sumber rujukan harus didaftarkan di bagian daftar pustaka. sumber yang dikutip merupakan sumber primer (5-10 tahun). Jumlah sumber daftar pustaka minimal 15. Penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi Mendeley, End Note, Zotero, dan lain-lain. Format penulisan yang digunakan American Psychological Association (APA) 6th Edition (Calisto MT, 11 Font Size, Antar Daftar Pustaka Diberi Jarak 1 Enter). Contoh cara penulisan referensi di dalam daftar pustaka, diberikan berikut:
Journal
Wibowo, R.(2018). Funamental movement skills: a literrature review. IJPE Journal : Indonesian Journal of Physical Education, 1(2), p.176-178
Reference to a book:
Mahendra, A.(2015). Model Pendidikan Gerak. Bandung: Prodi PGSD Penjas FPOK UPI. hlm. 67-75
Chapter in an Thesis book:
Stephani, M. (2017). Analisis level aktifitas fisik berdasarkan status sosial ekonomi. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Electronic Resources:
Depkes RI. (2008). Profil Kesehatan Nasional. (Online). Di unduh dari http://www.depkes.go.id/downloads/publikasi/ProfilKesehatanIndonesia2 008.pdf. [tanggal akses 20 Juli 2018]
Proceeding of Conference:
Brown, J. (2005). Evaluating surveys of transparent governance. In : UNDESA (United nations Departement of Economic and Social Affairs), 6th Global forum on reinventing government : towards participatory and transparent governance. Seoul, Republic of Korea 24-27 May 2005. New York: United Nations. p.27-35.