MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DI EKSTRAKURIKULER MTS PERTIWI KUNINGAN

Authors

  • Yopi Apriyana STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Hana Astria Nur STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.52434/penjas.v3i2.41586

Keywords:

Team Games Tournament (TGT), Passing Bawah, Bola Voli

Abstract

Passing bawah yang akurat merupakan salahsatu teknik dasar dalam permainan bola voli yang paling penting terutama dalam mendapatkan poin dan memulai serangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan passing bawah bola voli dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) di ekstrakurikuler MTs Pertiwi Kuningan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik total sampling digunakan dalam penelitian ini, yaitu 9 orang siswa ekstrakurikuler bola voli. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kelompok yang diteliti. Dengan nilai rata-rata sebelum diberikan treatment TGT sebesar 22,44% dan nilai rata-rata setelah diberikan treatment TGT sebesar 42,11%. Sehingga, kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan melalui model kooperatif tipe Team Games tournament (TGT) dinyatakan meningkat.

References

Yudiana Y, T S. Permainan Bola Voli. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia; 2016.

Damayanti S, Apriyanto T. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. JKPM. 2017;02(02):235–44.

Armidi NLS. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. J Educ Action Res. 2022;6(2):214–20.

Creswell JW. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Vol. 4, Educational Research. 2012. 673 p.

Maksum A. Metodelogi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: University Press; 2012.

Kline RB. Principles and Practice of Structural Equation Modeling. 2 editions. New York: Guilford; 2005. 366 p.

Published

2024-08-19