PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STUDENT ACHIEVEMENT DEVISION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BAWAH BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.52434/hjse.v2i1.2364Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh model pembelajaran kooperatif type student team achievement devision terhadap hasil belajar teknik dasar pasing bawah bola voli Adapun metode yang diginakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Exsperimental. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 03 Sukamaju dengan populasi sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran kooperatif type student achievement devision berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar pasing bawah bola voli. didapatkan nilai t-hitung sebesar 6,310 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,064 uji hipotesis juga dapat dilihat dari nilai sig. (p-value) dimana p-value = 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga menolak dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif type student achievement devision memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar pasing bawah bola voli.References
Aditama, Zainal, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Devision) Terhadap Hasil Belajar Ketepatan Service Bawah Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 02, Nomor 01 tahun 2014, 41-44
Fanani, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 111–126. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.345
Holistic Journal of Sport Education (HJSE)
https://journal.uniga.ac.id/index.php/hjse
Ani Kurniawati1, Dian Nurdiansyah2, Azhar
Ramadhana Sonjaya3
Iii, B. A. B., & Penelitian, A. M. (2013). Lisya Anggraeni,2013 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Bola Voli Dan Sikap Sosial Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 60–77.
Jasmani, J. P., Rekreasi, K., Olahraga, F., Pendidikan, U., Tengah, K., Singaraja, U., & Tlp, J. U. S. (2017). e-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Jasmani , Kesehatan , dan Rekreasi ( Vol 8 , No 2 , Tahun 2017 ) Pengarauh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Dasar Passing Bola Voli I Kadek Parta Yoga , I Putu Darmayasa , Ni Made . 8(2).
Jurusan, D., Olah, P., Fakultas, R., Olah, P., Dan, R., Jurusan, D., Olah, P., Fakultas, R., Olah, P., & Dan, R. (2019). JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. 4(4), 128–132.
Marsiyem, M., Destriana, D., & Pratama, R. R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Servis Bawah Permainan Bola Voli. Sebatik, 22(2), 161–166. https://doi.org/10.46984/sebatik.v22i2.323
Nugroho, U., & Edi, S. S. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 1–1. https://doi.org/10.15294/jpfi.v5i2.1019
Saputro, Ko’an Agung Dwi & Indahwati, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(1), 89–93.
Sugiyono. (2018). pengaruh keragaman produk dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen (Y) baik secara Simultan maupun Parsial. Journal of Bussines, 8(9), 1–58.
Suhartoyo, T., Rilastiyo, D., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., Listiadi, A. D., & Hidayat, R. (2019). Physical activity journal. Physical Activity Journal, 1(2011), 51–60.
Yudhianto, A., & Hartati, S. christina yuli. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(2), 307–310.
Yudiana, Y. (2015). Implementasi Model Pendekatan Taktik dan Teknik dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama. Kajian Pendidikan, 5(1), 95–114.
Zainal&Taufiq. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams-Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Ketepatan Service Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmani, 1(1), 41–44.