MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DI EKSTRAKURIKULER MTS PERTIWI KUNINGAN

Yopi Apriyana, Hana Astria Nur

Sari


Passing bawah yang akurat merupakan salahsatu teknik dasar dalam permainan bola voli yang paling penting terutama dalam mendapatkan poin dan memulai serangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan passing bawah bola voli dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) di ekstrakurikuler MTs Pertiwi Kuningan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik total sampling digunakan dalam penelitian ini, yaitu 9 orang siswa ekstrakurikuler bola voli. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kelompok yang diteliti. Dengan nilai rata-rata sebelum diberikan treatment TGT sebesar 22,44% dan nilai rata-rata setelah diberikan treatment TGT sebesar 42,11%. Sehingga, kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan melalui model kooperatif tipe Team Games tournament (TGT) dinyatakan meningkat.


Kata Kunci


Team Games Tournament (TGT), Passing Bawah, Bola Voli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yudiana Y, T S. Permainan Bola Voli. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia; 2016.

Damayanti S, Apriyanto T. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. JKPM. 2017;02(02):235–44.

Armidi NLS. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. J Educ Action Res. 2022;6(2):214–20.

Creswell JW. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Vol. 4, Educational Research. 2012. 673 p.

Maksum A. Metodelogi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: University Press; 2012.

Kline RB. Principles and Practice of Structural Equation Modeling. 2 editions. New York: Guilford; 2005. 366 p.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/penjas.v3i2.41586

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan

UNIVERSITAS GARUT 

 Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151 (0262) 236395 Journal.hjse@uniga.ac.id

 

Visitor:

View My Stats

Indexing:

    

Suppported:

Tools:

      

Copyright © journal.uniga.ac.id 2022  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.