Peningkatan Hasil Belajar Fisika di Era Digital: Peran Learning Management System di Sekolah Penggerak

Penulis

  • Salma Arfa Fauziyyah Pendidikan Fisika - Universitas Garut
  • Rahmadhani Mulvia Universitas Garut
  • Isti Fuji Lestari SMPN 1 Kersamanah

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpif.v4i2.42149

Kata Kunci:

Digitalisasi, Efektivitas, Fisika, Learning Management System, Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan Learning Management System (LMS) terhadap hasil belajar Fisika siswa di tingkat SMA, dengan fokus pada mata pelajaran fisika, materi usaha dan energi. Menggunakan desain eksperimen kuasi, penelitian ini membandingkan dua kelompok siswa: kelompok eksperimen yang menggunakan LMS dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar, serta menggunakan statistik untuk menganalisis perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Untuk memperkuat analisis data, dilakukan pengumpulan data kualitatif melalui wawancara dengan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan LMS mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep Fisika dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan nilai N-Gain pada kelompok eksperimen berada pada kategori peningkatan sedang. Selain itu, meskipun terdapat beberapa tantangan dalam penerapan LMS, seperti kesiapan infrastruktur teknologi dan kompetensi guru, penelitian ini menunjukkan bahwa LMS memiliki potensi besar dalam meningkatkan keterlibatan siswa serta efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan untuk memperluas penerapan LMS di sekolah-sekolah Indonesia sebagai bagian dari transformasi pendidikan berbasis teknologi.

Referensi

Al Fadillah, Y., & Akbar, A. R. (2024). Strategi Desain Pembelajaran Adaptif Untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi Terapan| E-ISSN: 3031-7983, 1(4), 354–362.

Alfiansyah, A. F., Septianti, R. P., Qolbi, W. N., & Irvani, A. I. (2022). Berkembangnya Pemanfaatan E-Learning pada Proses Pembelajaran Fisika di MAN 1 Garut Selama Masa Pandemi. JURNAL Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(2), 117–124. https://doi.org/10.52434/JPIF.V2I2.1880

Anggara, O. F., Beny, A. O. N., Pradana, H. D., Windayani, N. R., Anggraeny, D., & Aini, I. K. (2024). Pengembangan Platform SIDIA LMS Berbasis Cloud untuk Mendukung Pembelajaran Inklusif bagi Mahasiswa Disabilitas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 865–874.

Bakri, F., Kusuma, K. F., & Permana, A. H. (2021). TPACK implementation in physics textbook: Practice problem-solving skill in Newton’s law of motion for senior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 2019(1), 12057.

Bolondi, G., & Ferretti, F. (2021). Quantifying solid findings in mathematics education: loss of meaning for algebraic symbols. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 29(1).

Brečka, P., Valentová, M., & Lančarič, D. (2022). The implementation of critical thinking development strategies into technology education: The evidence from Slovakia. Teaching and Teacher Education, 109, 103555.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Dwita, R., & Zulfitria, Z. (2024). Teknologi Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka Belajar: Membangun Masa Depan Pendidikan yang Inklusif dan Berdaya Saing. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(6), 26–34.

Fadhil, M., Kasli, E., & Halim, A. (2021). Impact of Project Based Learning on Creative Thinking Skills and Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 12114.

Fajari, L. E. W. (2021). Critical thinking skills and their impacts on elementary school students. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 18(2), 161–187.

Fakhruddin, A. M., Putri, L. O., Sudirman, P. R. A. T., Annisa, R. N., & As, R. K. B. (2022). Efektivitas LMS (Learning Management System) untuk Mengelola Pembelajaran Jarak Jauh pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10026–10033.

Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. sage London.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64–74.

Henukh, A., Riandi, R., Setiawan, A., Rochintaniawati, D., Irvani, A. I., & Suba, J. M. (2024). Dynamic Evaluation of the Merdeka Curriculum: Unveiling the Effectiveness of Science Lesson Planning, Implementation and the Response of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 12(3), 683–692. https://doi.org/10.24815/jpsi.v12i3.38540

Herpratiwi, N., Herpratiwi, H., & Adha, M. M. (2022). Efektifitas pembelajaran PPKn dengan menggunaan LMS Google Classroom di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar Siswa. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 10(1), 1–13.

Irvani, A. I. (2022). Merancang Media Pembelajaran Berdasarkan Bagaimana Siswa Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.52188/jpfs.v5i1.205

Irvani, A. I., Ainissyifa, H., & Anwar, A. K. (2023). In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka di Komite Pembelajaran sebagai Komunitas Praktisi Sekolah Penggerak. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 160–166. https://doi.org/10.52434/jpm.v2i1.2481

Irvani, A. I., & Hanifah, H. S. (2024). Sosialisasi penerapan disiplin positif dalam mewujudkan merdeka belajar di lingkungan sekolah dasar. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 394–403. https://doi.org/10.52434/jpm.v3i2.4009

Irvani, A. I., Rustaman, N., Kaniawati, I., & Sinaga, P. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Kuantum. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 6(1), 30–38. https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.10107

Irvani, A. I., Warliani, R., & Fauziyyah, S. A. (2020). Analysis of Students Problem Solving Skill from Online Worksheets with Integration of Video Demonstration. Proceeding ISETH (International Summit on Science, Technology, and Humanity), 140–144. https://proceedings.ums.ac.id/iseth/article/view/1282

Kaputa, V., Loučanová, E., & Tejerina-Gaite, F. A. (2022). Digital transformation in higher education institutions as a driver of social oriented innovations. Social innovation in higher education, 61, 81–85.

Kennedy, P. S. J. (2023). Digitalisasi Pendidikan: Artifial Intelligence di Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, 2(1), 205–215.

Kusuma, M. T. A., & Muharom, F. (2024). Transformasi Peran Pendidik dan Tren Pembelajaran Digital di Era Teknologi. Indonesian Journal of Community Engagement, 1(2), 84–97.

Milla, D., Zulkipli, Z., Sahar, A., Reliubun, A. S., & Amri, H. (2024). Penerapan Teknologi Pendidikan: Menghadapi Kendala, Menciptakan Solusi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(6), 7416–7425.

Novianti, A. (2022). Pengaruh Penggunaan LMS terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI di SMAN 4 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 10(2), 143–147.

Onowugbeda, F. U., Okebukola, P. A., Agbanimu, D. O., Ajayi, O. A., Oladejo, A. I., Awaah, F., Ademola, I. A., Gbeleyi, O. A., Peter, E. O., & Ige, A. M. (2024). Can the culturo-techno-contextual approach (CTCA) promote students’ meaningful learning of concepts in variation and evolution? Research in Science & Technological Education, 42(2), 395–411.

Paling, S., Makmur, A., Albar, M., Susetyo, A. M., Putra, Y. W. S., Rajiman, W., Djamilah, S., Suhendi, H. Y., & Irvani, A. I. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA.

Permana, D., Kudsi, I., Salam, M., Iriantara, Y., & Barlian, U. C. (2021). Inovasi pembelajaran dengan model blended learning di masa pandemi covid 19 (studi kasus di sekolah berbasis pesantren smk maarif nu ciamis). VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 31–47.

Qolbi, W. N., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). The Effectiveness Of The Creative Problem Solving (Cps) Model Assisted By Youme (Youtube Media) In Improving The Creative Thinking Skills Of High School Students. Pillar Of Physics Education, 17(4), 269–275. https://doi.org/10.24036/16252171074

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Ramdani, N., & Oya, A. (2024). Pengembangan LKS Model Matematika Ceria Sebagai Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa. JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(01), 6–12.

Rasiman, I. (2023). Pemanfaatan Moodle Sebagai Salah Satu Alternatif Learning Management System (LMS) Bagi Mahasiswa di IAI Al Khoziny Sidoarjo. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 4(2), 68–81.

Rof, A., Bikfalvi, A., & Marques, P. (2022). Pandemic-accelerated digital transformation of a born digital higher education institution. Educational Technology & Society, 25(1), 124–141.

Ruqoyyah, R., Maretha, D. E., & Afriansyah, D. (2021). Perbandingan Metode Peta Konsep Dan Bagan Dikotomi Konsep (Bdk) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma/Ma. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(2), 58–66.

Sefriani, R., Sepriana, R., Wijaya, I., & Menrisal, M. (2021). Efektifitas Pembelajarna Online di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4731–4737.

SIMBOLON, D. H. (2021). Implementasi LMS (Learning Management System) Moodle Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Universitas Quality. Jurnal Curere, 5(1), 1–8.

Sulastri, H. P., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 97–111. https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3696

Syahdah, V. S., & Irvani, A. I. (2023). Kesulitan Menanamkan Jiwa Percaya Diri terhadap Kemampuan Mengerjakan Soal Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(1), 163–171. https://doi.org/10.52434/jpif.v3i1.1586

Ulfa, S., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). Pengembangan Modul Ajar Fisika Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 7(1), 51–59. https://doi.org/10.52188/jpfs.v7i1.562

Wulandari, N. P., & Junaidi, J. (2024). Kesalahan mahasiswa non-matematika dalam melakukan uji normalitas. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 323–328.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Terbitan

Bagian

Artikel