Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Kelas X SMA

Penulis

  • Tina Mustika Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Fanni Zulaiha Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Muhammad Rifqi Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpif.v4i2.42053

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Kritis, Model Discovery Learning, Media Phet

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media PhET pada materi Energi Alternatif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA di kota Cirebon tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian berupa kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol berjumlah 32 siswa dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis siswa dengan bentuk soal esai dan telah divalidasi pakar. Selain itu, berdasarkan hasil uji statistik, instrumen dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai 0,676. Didapatkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 87 dan posttest kelas kontrol sebesar 81. Hasil uji prasyarat menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selain itu dilakukan uji-t independen dengan hasil 0,002. Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari model discovery learning berbantuan media PhET pada materi Energi Alternatif siswa kelas X SMA.

Referensi

Abdillah, L. A. (2019). Model Pembelajaran Era Society 5.0. Pendidikan & Revolusi Industri.

Ady, W. N., Muhajir, S. N., & Irvani, A. I. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan Tradisional. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 772–785.

Agustina, S., Wahyudi, W., & Verawati, N. N. S. P. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Simulasi Phet Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik SMAN 8 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(1), 75–80.

Akbar, R., Sukmawati, U. S., & Katsirin, K. (2023). Analisis Data Penelitian Kuantitatif: Pengujian Hipotesis Asosiatif Korelasi. Jurnal Pelita Nusantara, 1(3), 430–448.

Alik, I. P., Paramata, D. D., & Supartin, S. (2023). Analisis kepraktisan perangkat pembelajaran model discovery learning berbantuan media ispring suite pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 46–53.

Anggreni, Y. D., Festiyed, F., & Asrizal, A. (2019). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA. Pillar Of Physics Education, 12(4).

Asri, Y. N., Alti, R. M., Rizqi, V., Rismawati, E., Gatriyani, N. P., Amarulloh, R. R., Astuti, F., Utomo, S., Nurhuda, T., & Rahmiati, S. (2022). Model-Model Pembelajaran. Haura Utama.

Dona, P. (2022). Validitas E-modul Fisika Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2), 113–121.

Handayani, E., & Simamora, P. (2019). Pengaruh model discovery learning berbantuan media phet terhadap kemampuan pemecahan masalah tingkat sma pada materi pokok fluida dinamis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7(3), 21–27.

Hernandi, A., Warliani, R., & Irvani, A. I. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika dengan Model Talking Stick. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 12(2), 71–90.

Karira, N. F., & Sunarti, T. (2022). Analisis Keterkaitan Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 6, 26–31.

Latifah, S., Diani, R., & Malik, S. L. M. (2022). ICARE Model (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) in Physics Learning: Analysis of its Effect on Students’ Computational Thinking Skills based on Gender. https://doi.org/10.21009/1.08205

Mayanti, A., Poluakan, C., & Tumimomor, F. R. (2022). Pengaruh model problem based learning (PBL) menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen pada pembelajaran fisika tentang Hukum Newton. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 9–14.

Nurfitri, R. A., & Jusra, H. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari resiliensi matematis dan gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1943–1954.

Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan media simulasi PhET terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95–103.

Okyranida, I. Y., Mayanty, S., & Widiyatun, F. (2024). Analisis Butir Soal Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAIT Nururrohmah Depok. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 73–79.

Paling, S., Makmur, A., Albar, M., Susetyo, A. M., Putra, Y. W. S., Rajiman, W., Djamilah, S., Suhendi, H. Y., & Irvani, A. I. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA.

Phasa, K. C. (2020). Meta analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 711–723.

Putra, I. P. S., Lasmawan, I. W., & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 203–213.

Putri, S. R. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis SETS (Science, Environment, Techonogy, So-ciety) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA/MA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2), 142–151.

Rahayu, N. S., Lestari, P. R., Ady, W. N., & Irvani, A. I. (2022). Pengenalan Eksperimen Fisika Sederhana Kepada Siswa Kelas VI di SDN 2 Limbangan Timur. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76–84.

Rannikmäe, M., Holbrook, J., & Soobard, R. (2020). Social Constructivism—Jerome Bruner. Science education in theory and practice: An introductory guide to learning theory, 259–275.

Rawzis, K., Irvani, A. I., Elviana, T., Abe, Y., & Chatimah, H. (2024). A Decade of Bibliometrics Exploration on Wind Tunnel as Learning Media in Fluid Mechanics. Tarbiyah Suska Conference Series, 3(1), 86–103.

Ririn, B. I., & Junus, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(01), 81–89.

Ruhana, B. A., Meiliyadi, L. A. D., & Zaini, M. (2023). Pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(1), 1–10.

Sadidah, A., & Irvani, A. I. (2021). Analisis Penggunaan Simulasi Interaktif dalam Pembelajaran pada Topik Hukum Coulomb. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 1(2), 69–74.

Sari, N. R., Putra, A. P., & Ajizah, A. (2023). Penggunaan video pembelajaran konsep virus terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Banjarmasin. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4), 211–221.

Sulastri, H. P., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 97–111.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi penggunaan media simulasi phet dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39–44.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-16

Terbitan

Bagian

Artikel