Analisis Peran Minat dan Bakat dalam Proses Pembelajaran: Studi Kasus pada Hasil Belajar Siswa SMA

Penulis

  • Nisa Mahnil Universitas Malikussaleh
  • Nurul Fadieny Universitas Malikussaleh
  • Safriana Safriana Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpif.v4i2.4182

Kata Kunci:

Minat, Bakat, Hasil Belajar, motivasi, pembelajaran inklusif

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran minat dan bakat dalam proses pembelajaran siswa SMA terhadap hasil belajar mereka. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang melibatkan seleksi dan analisis lima artikel yang relevan dengan topik penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat yang tinggi meningkatkan motivasi intrinsik siswa, sementara bakat alami membantu mereka dalam memahami dan menerapkan konsep akademik secara lebih efektif. Selain itu, keterampilan metakognitif juga berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar, terutama pada mata pelajaran dengan materi yang kompleks, seperti kesetimbangan kimia. Temuan penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang berbasis pada minat dan bakat siswa, didukung oleh strategi pengajaran yang berpusat pada siswa. Pendidikan inklusif yang mengakomodasi keragaman minat dan bakat siswa menjadi salah satu faktor pendukung utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Dengan demikian, guru dan orang tua perlu berperan aktif dalam memotivasi siswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan potensi mereka. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan berkelanjutan untuk meningkatkan keterlibatan dan pencapaian akademik siswa. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkaji faktor-faktor lain yang memengaruhi hubungan antara minat, bakat, dan hasil belajar.

Biografi Penulis

Nisa Mahnil, Universitas Malikussaleh

Prodi Pendidikan Fisika

Safriana Safriana, Universitas Malikussaleh

Dosen Universitas Malikussaleh

Referensi

Ady, W. N., Muhajir, S. N., & Irvani, A. I. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan Tradisional. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 772–785. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1775

Alam, A., & Mohanty, A. (2023). Cultural beliefs and equity in educational institutions: exploring the social and philosophical notions of ability groupings in teaching and learning of mathematics. International Journal of Adolescence and Youth, 28(1), 2270662.

Alfiansyah, A. F., Septianti, R. P., Qolbi, W. N., & Irvani, A. I. (2022). Berkembangnya Pemanfaatan E-Learning pada Proses Pembelajaran Fisika di MAN 1 Garut Selama Masa Pandemi. JURNAL Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(2), 117–124. https://doi.org/10.52434/JPIF.V2I2.1880

Alimuddin, N. (2022). Analisis Motivasi, Minat, Dan Sikap Belajar Biologi Peserta Didik Ilmu Sosial Di Sma. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 47–53.

Amelia, S., Nisrina, A. D., & Permana, G. (2023). Perbedaan Pola Pengasuhan Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak di Perumahan Sepang Mountain Residence Serang-Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1.

Andini, L., & Azizah, U. (2021). Analisis Korelasi Keterampilan Metakognitif dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 472–480.

Aryanti, F. A., & Widyasari, C. (2023). The Role of Youth Organizations Village in Developing Talents for Slow Learning Students. International Journal of Elementary Education, 7(1), 106–114.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Audina, R., & Selian, R. S. (2023). MINAT DAN BAKAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI TEATER DI SMA NEGERI 1 BIREUEN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni, Drama, Tari & Musik, 8(1).

Bachtiar, B., & Arismunandar, A. (2024). Pengaruh Lingkungan Organisasi Dan Motivasii Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Pada Sekolah Islam Athirah Makassar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 169–182.

Bandura, A. (2024). Social learning analysis of aggression. In Analysis of delinquency and aggression (hal. 203–232). Routledge.

Bandura, A., & Hall, P. (2018). Albert bandura and social learning theory. Learning Theories for Early Years, 78.

Caeiro-Rodríguez, M., Manso-Vázquez, M., Mikic-Fonte, F. A., Llamas-Nistal, M., Fernández-Iglesias, M. J., Tsalapatas, H., Heidmann, O., De Carvalho, C. V., Jesmin, T., & Terasmaa, J. (2021). Teaching soft skills in engineering education: An European perspective. IEEE Access, 9, 29222–29242.

Candra, E., Mulvia, R., & Warliani, R. (2024). Argumentasi Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning dengan Video Presentasi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(4), 861–871.

Fan, X., & Zhong, X. (2022). Artificial intelligence-based creative thinking skill analysis model using human–computer interaction in art design teaching. Computers and Electrical Engineering, 100, 107957.

Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social learning theory: Cognitive and behavioral approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297–324.

Hernandi, A., Warliani, R., & Irvani, A. I. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika dengan Model Talking Stick. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 12(2), 71–90. https://doi.org/10.24252/jpf.v12i2.50769

Irvani, A. I. (2019). Korelasi Minat Terhadap Fisika dengan Hasil Belajar Siswa SMA pada Domain Pengetahuan Faktual dan Konseptual. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 115–120. https://doi.org/10.52434/JP.V13I1.821

Lena, I. M., Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis minat dan bakat peserta didik terhadap pembelajaran. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28.

Maryani, S. (2021). Identifikasi Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Batanghari pada Materi Elastisitas dan Hukum Hook. Schrödinger: Journal of Physics Education, 2(4), 81–84.

Mulvia, R., Ramalis, T. R., & Efendi, R. (2021). Mendeteksi Keajegan Butir Tes dengan Fungsi Informasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 72–84.

Paul, I., Wariani, T., & Boelan, E. G. (2022). Hubungan Antara Minat Dan Hasil Belajar Pada Penerapan Media Buku Saku Materi Stoikiometri Siswa Kelas X MIA SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 440–445.

Qolbi, W. N., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). THE EFFECTIVENESS OF THE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MODEL ASSISTED BY YOUME (YOUTUBE MEDIA) IN IMPROVING THE CREATIVE THINKING SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 17(4), 269–275. https://doi.org/10.24036/16252171074

Septianti, R. P., Pelani, R. R., Pakosmawati, R., & Irvani, A. I. (2023). ANALISIS ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) FISIKA SISWA SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 11(01). https://doi.org/10.24114/INPAFI.V11I01.44246

Sulastri, H. P., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 97–111. https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3696

Taa, A. A., Liu, A. N. A. M., & Kaleka, M. (2021). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 41–51.

Tavares, V. (2024). Feeling excluded: International students experience equity, diversity and inclusion. International Journal of Inclusive Education, 28(8), 1551–1568.

Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners. Ascd.

Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms. Ascd.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Terbitan

Bagian

Artikel