Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpif.v4i2.41398Kata Kunci:
fisika, kreativitas siswa, STEM, tinjauan literatur sistematisAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan alat pengajaran fisika dengan menggunakan pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kreativitas siswa. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pengalaman siswa dengan alat pembelajaran dan dampaknya terhadap kreativitas. Pendekatan ini berfokus pada pengumpulan informasi dari makalah ilmiah yang relevan antara tahun 2020 dan 2024. Makalah ini dapat diakses dalam format PDF melalui Google Cendekia menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP). Pencarian makalah ilmiah menggunakan kata kunci ‘physics’, ‘STEM’, dan ‘student creativity’ menghasilkan 200 artikel jurnal. Berdasarkan analisis, kami menyimpulkan bahwa pendekatan STEM memberikan landasan yang kuat untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam konteks pembelajaran fisika. Hal ini menunjukkan bahwa STEM tidak hanya secara efektif meningkatkan pemahaman dan keterampilan pemecahan masalah, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir kritis dan menemukan solusi inovatif ketika belajar fisika.
Referensi
Ady, W. N., Muhajir, S. N., & Irvani, A. I. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan Tradisional. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 772–785. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1775
Alfiansyah, A. F., Septianti, R. P., Qolbi, W. N., & Irvani, A. I. (2022). Berkembangnya Pemanfaatan E-Learning pada Proses Pembelajaran Fisika di MAN 1 Garut Selama Masa Pandemi. JURNAL Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(2), 117–124. https://doi.org/10.52434/JPIF.V2I2.1880
Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73.
Asri, Y. N., Alti, R. M., Rizqi, V., Rismawati, E., Gatriyani, N. P., Amarulloh, R. R., Astuti, F., Utomo, S., Nurhuda, T., & Rahmiati, S. (2022). Model-Model Pembelajaran. Haura Utama.
Ayu, H. D., Rismawati, A. Y., Kristiyaningsih, E., Wulandari, E. T., Wahyuningtyas, A., & Hudha, M. N. (2023). Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Fisika: Sistematik Literatur Review. Teaching, Learning and Development, 1(1), 19–32. https://doi.org/10.62672/telad.v1i1.6
Bouchée, T., Thurlings, M., de Putter-Smits, L., & Pepin, B. (2023). Investigating teachers’ and students’ experiences of quantum physics lessons: Opportunities and challenges. Research in Science & Technological Education, 41(2), 777–799.
Dziob, D., Górska, U., Kołodziej, T., & Čepič, M. (2022). Physics competition to inspire learning and improve soft skills: a case of the Chain Experiment. International Journal of Technology and Design Education, 1–34.
Gao, X., Li, P., Shen, J., & Sun, H. (2020). Reviewing assessment of student learning in interdisciplinary STEM education. International Journal of STEM Education, 7, 1–14.
Hermawan, M. A. (2021). Analisis respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran videoscribe berpendekatan stem materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 138–142.
Hernandi, A., Warliani, R., & Irvani, A. I. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika dengan Model Talking Stick. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 12(2), 71–90. https://doi.org/10.24252/jpf.v12i2.50769
Heryanto, S. H., Aprianti, S., Pelani, R. R., & Irvani, A. I. (2023). Penggunaan E-learning Madrasah dalam Proses Pembelajaran Fisika di MAN 2 Garut. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(1), 172–178. https://doi.org/10.52434/jpif.v3i1.1962
Liu, Z., Guo, Q., Sun, P., Wang, Z., & Wu, R. (2018). Does religion hinder creativity? A national level study on the roles of religiosity and different denominations. Frontiers in psychology, 9, 1912.
Mardatillah, B. L. R., & Kristayulita, K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 472–482.
Marougkas, A., Troussas, C., Krouska, A., & Sgouropoulou, C. (2023). Virtual reality in education: a review of learning theories, approaches and methodologies for the last decade. Electronics, 12(13), 2832.
Muflikha, A. M., Saregar, A., Pratiwi, E., Yuberti, Y., Syafrimen, & Anugrah, A. (2023). Android-based physics learning media to develop students’ computational thinking skill: Literature study. https://doi.org/10.1063/5.0123763
Oktaviani, I., Rini, I. A., Ulfah, M. M., & Andriana, A. D. (2021). Pengenalan Media Pembelajaran Daring Berbasis STEM Untuk Guru IPA di SMAN 9 Bandar Lampung. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 77–88.
Paling, S., Makmur, A., Albar, M., Susetyo, A. M., Putra, Y. W. S., Rajiman, W., Djamilah, S., Suhendi, H. Y., & Irvani, A. I. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA.
Pramadanti, M., Subiki, S., & Harijanto, A. (2021). Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Smartphone Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(2), 318–326.
Qolbi, W. N., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). THE EFFECTIVENESS OF THE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MODEL ASSISTED BY YOUME (YOUTUBE MEDIA) IN IMPROVING THE CREATIVE THINKING SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 17(4), 269–275. https://doi.org/10.24036/16252171074
Riyasni, S., Yani, I. P., Sari, W. K., & Zulhendra, Z. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Digital Fisika Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Pendekatan STEM. Journal On Education, 6(1), 5849–5858.
Septianti, R. P., Pelani, R. R., Pakosmawati, R., & Irvani, A. I. (2023). ANALISIS ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) FISIKA SISWA SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 11(01). https://doi.org/10.24114/INPAFI.V11I01.44246
Sholeh, M. I., Tasya, D. A., Syafi’i, A., Rosyidi, H., Arifin, Z., & binti Ab Rahman, S. F. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(2), 158–176.
Sulastri, H. P., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 97–111. https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3696
Uden, L., Sulaiman, F., Ching, G. S., & Rosales, J. J. (2023). Integrated science, technology, engineering, and mathematics project-based learning for physics learning from neuroscience perspectives. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1136246
Wibowo, C., & Sunarti, T. (2020). Analisis dan prediksi miskonsepsi siswa pada materi gerak parabola. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2), 257–264.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fitri Kita Yulandari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.