Analisis Keefektifan Penggunaan Aplikasi Pengukur Frekuensi dalam Membuktikan Cepat Rambat Bunyi di Udara

Penulis

  • Nala Lidya Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hulwah Habibah

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpif.v3i1.2302

Kata Kunci:

Frekuensi, Cepat Rambat Bunyi, Aplikasi Smartphone

Abstrak

Kurangnya pengelolaan kondisi laboratorium dan keterbatasan alat praktikum menghambat pemahaman pada materi Fisika. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan cepat rambat bunyi di udara yang umumnya diketahui bernilai 340 m/s. Nilai cepat rambat bunyi diperoleh dari perhitungan setelah mendapat nilai frekuensi yang diukur menggunakan aplikasi pengukur frekuensi pada smartphone. Aplikasi yang digunakan yaitu Phyphox, Frequency Counter, dan Sound Level Meter yang akan dibandingkan hasilnya berdasarkan akurasi, presisi, dan tingkat ketelitian. Hasil penelitian menunjukkan cepat rambat di udara pada tiga aplikasi bernilai dari 325-337 m/s dengan besar kesalahan relatif terbesar yaitu 3,52%. Berdasarkan hasil analisis pada tingkat akurasi, presisi dan ketelitian aplikasi Frequency Counter menempati urutan paling baik. Jadi, peneliti merekomendasikan aplikasi Frequency Counter untuk digunakan sebagai pengganti alat ukur Sound Level Meter (SLM) di laboratorium.

Biografi Penulis

Nala Lidya, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Nama : Nala LidyaStatus : MahasiswaProgram Studi: Tadris Fisika Institusi : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Domisili : Jakarta

Referensi

Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. ., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. E-Journal “Acta Diurna,” 6(1), 1–15. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15482

Giancoli, C. . (2014). Fisika: Prinsip Dan Aplikasi Jilid 1(Edisi Ke 7) (Edisi Ketu). Erlangga.

Guswantoro, T., Philipus, Faradiba, Malau, N. D., Nugroho, A. R., & Murniarti, E. (2021). Praktikum Pengukuran Tingkat Kebisingan dengan Menggunakan Smartphone Android Pada Mata Kuliah Fisika Gelombang. Dinamika Pendidikan, 14(1), 35–38.

Happidin, A. (2007). Cerdas Belajar Fisika (G. M. Pratama (ed.)).

Irvani, A. I., Warliani, R., & Amarulloh, R. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 35-41.

Sadidah, A., & Irvani, A. I. (2021). Analisis Penggunaan Simulasi Interaktif dalam Pembelajaran pada Topik Hukum Coulomb. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 1(2), 69-74.

Tipler, P. A., & Mosca, G. P. (2002). Physics for Scientists and Engineers, -Volume 1 (Vol. 1).

Shintya Dewi, D. A. K. D., Sastrawidana, D. K., & Wiratini, N. M. (2019). Analisis Pengelolaan Alat Dan Bahan Praktikum Pada Laboratorium Kimia Di Sma Negeri 1 Tampaksiring. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(1), 37. https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i1.21162

Subhan, M. (2018). Penggunaan Aplikasi Sound Level Meter Berbasis Android pada Pengukuran Kebisingan PLTD Ni’u Bima dan SDN 77 Kota Bima. Gravity Edu ( Jurnal Pendidikan Fisika ), 2(2), 11–15. https://doi.org/10.33627/ge.v2i2.94

Yuhana, I., & Rahman, L. O. (2020). Penggunaan Aplikasi Sound Meter Untuk Mengetahui Tingkat Kebisingan Di Ruang Pediatric Intensive Care Unit. Jurnal Keperawatan, 10(1), 18–25.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2023-06-29

Terbitan

Bagian

Artikel