Hubungan Antara Media Pembelajaran dan Minat Belajar Fisika: Studi Kasus pada Fluida Statis

Penulis

  • Gifar Ramdani MAS PLUS AL- ISLAM GARUT
  • Nursabila Nursabila Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpif.v4i2.1564

Kata Kunci:

efektivitas pembelajaran, fluida statis, kebiasaan belajar, media pembelajaran, minat belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan media pembelajaran dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika, khususnya materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap siswa kelas XI di salah satu sekolah swasta di Garut. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar siswa tergolong rendah, yaitu sebesar 39,3%. Indikator dengan nilai tertinggi adalah "media pembelajaran mempermudah" (82%), sedangkan indikator terendah adalah "memiliki buku pendamping" (11%). Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran interaktif memiliki peran signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa. Namun, kebiasaan belajar siswa, seperti kurangnya penggunaan buku pendamping dan rendahnya pengerjaan tugas, perlu mendapatkan perhatian lebih. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang inovatif harus diintegrasikan dengan penguatan kebiasaan belajar siswa untuk meningkatkan minat belajar secara holistik. Dukungan dari guru, orang tua, dan lingkungan sekolah sangat penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif, sehingga siswa lebih termotivasi dalam mempelajari fisika.

Referensi

Areeb, Q. M., Nadeem, M., Sohail, S. S., Imam, R., Doctor, F., Himeur, Y., Hussain, A., & Amira, A. (2023). Filter bubbles in recommender systems: Fact or fallacy—A systematic review. Wiley Interdisciplinary Reviews: Data Mining and Knowledge Discovery, 13(6), e1512.

Arfia, K., & Handican, R. (2024). Pengaruh Self Confidence & Prestasi Belajar Kalkulus: Suatu Studi Korelasional di Perguruan Tinggi. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(2), 305–316.

Banda, H. J., & Nzabahimana, J. (2021). Effect of integrating physics education technology simulations on students’ conceptual understanding in physics: A review of literature. Physical review physics education research, 17(2), 23108.

Candra, E., Mulvia, R., & Warliani, R. (2024). Argumentasi Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning dengan Video Presentasi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(4), 861–871.

Cayubit, R. F. O. (2022). Why learning environment matters? An analysis on how the learning environment influences the academic motivation, learning strategies and engagement of college students. Learning Environments Research, 25(2), 581–599.

Creswell, J. W. (2020). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson. https://www.pearson.com/en-us/subject-catalog/p/educational-research-planning-conducting-and-evaluating-quantitative-and-qualitative-research/P200000000920/9780136874416

Harefa, D., Sarumaha, M., Telaumbanua, K., Telaumbanua, T., Laia, B., & Hulu, F. (2023). Relationship student learning interest to the learning outcomes of natural sciences. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 4(2), 240–246.

Hasas, A., Enayat, W., Hakimi, M., & Ahmady, E. (2024). A Comprehensive Review Of ICT Integration In Enhancing Physics Education. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 36–44.

Heryanto, S. H., Aprianti, S., Pelani, R. R., & Irvani, A. I. (2023). Penggunaan E-learning Madrasah dalam Proses Pembelajaran Fisika di MAN 2 Garut. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(1), 172–178. https://doi.org/10.52434/jpif.v3i1.1962

Hsbollah, H. M., & Hassan, H. (2022). Creating meaningful learning experiences with active, fun, and technology elements in the problem-based learning approach and its implications. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 19(1), 147–181.

Irvani, A. I. (2019). Korelasi Minat Terhadap Fisika dengan Hasil Belajar Siswa SMA pada Domain Pengetahuan Faktual dan Konseptual. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 115–120. https://doi.org/10.52434/JP.V13I1.821

Islanda, E., & Darmawan, D. (2023). Pengembangan Google Sites sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Teknodik, 27(1), 51–62.

Kilag, O. K. T., Maghanoy, D. A. F., Calzada-Seraña, K. R. D. Dela, & Ponte, R. B. (2024). Integrating Lev Vygotsky’s sociocultural theory into online instruction: A case study. Journal of Learning on History and Social Sciences, 1(1), 8–15.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.

Paling, S., Makmur, A., Albar, M., Susetyo, A. M., Putra, Y. W. S., Rajiman, W., Djamilah, S., Suhendi, H. Y., & Irvani, A. I. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA.

Panjaitan, J., Sagala, A. Z., Susanto, I., & Naiborhu, M. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN INSHOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIPA SMA SWASTA GAJAH MADA MANDIRI MEDAN. Jurnal Darma Agung, 32(3), 398–406.

Purnami, W., Fauzi, A., & Naingalis, M. L. P. (2023). Computational thinking skills identification among students of physics education department using Rasch model analysis. https://doi.org/10.1063/5.0143158

Rahim, F. R., Sari, S. Y., Sundari, P. D., Aulia, F., & Fauza, N. (2022). Interactive design of physics learning media: The role of teachers and students in a teaching innovation. Journal of Physics: Conference Series, 2309(1), 12075.

Rahma, A. A. (2021). Efektivitas penggunaan virtual lab phet sebagai media pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 47–51.

Rahman, R., & Fuad, M. (2024). Peran Motivasi Dan Displin Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(2), 172–180.

Rusticus, S. A., Pashootan, T., & Mah, A. (2023). What are the key elements of a positive learning environment? Perspectives from students and faculty. Learning Environments Research, 26(1), 161–175.

Safitri, S. M., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Dukungan Orang Tua dan Kepercayaan Diri Terhadap Minat Belajar Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 14(1), 77–90.

Sarah, S. (2024). Analisis Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menengah Pertama Kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. SEMNASFIP.

Septianti, R. P., Pelani, R. R., Pakosmawati, R., & Irvani, A. I. (2023). ANALISIS ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) FISIKA SISWA SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 11(01). https://doi.org/10.24114/INPAFI.V11I01.44246

Siburian, A., Siahaan, E. A., & Naibaho, D. (2023). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 11202–11209.

Skjuve, M., Følstad, A., Fostervold, K. I., & Brandtzaeg, P. B. (2021). My chatbot companion-a study of human-chatbot relationships. International Journal of Human-Computer Studies, 149, 102601.

Sugitanata, A. (2023). Analisis Ekologi Sistem Bronfenbrenner Terhadap Upaya Perlindungan Anak Dari Bahaya Pornografi Di Era Globalisasi Digital. SPECTRUM: Journal of Gender and Children Studies, 3(2), 129–138.

Sulastri, H. P., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 97–111. https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.3696

Sutton, J., & Austin, Z. (2015). Qualitative research: Data collection, analysis, and management. The Canadian journal of hospital pharmacy, 68(3), 226.

Syahdah, V. S., & Irvani, A. I. (2023). Kesulitan Menanamkan Jiwa Percaya Diri terhadap Kemampuan Mengerjakan Soal Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(1), 163–171. https://doi.org/10.52434/jpif.v3i1.1586

ur Rehman, M. H., Chang, V., Batool, A., & Wah, T. Y. (2016). Big data reduction framework for value creation in sustainable enterprises. International journal of information management, 36(6), 917–928.

Utami, R. D. S., Badriyah, B., & Aini, Q. (2024). OPTIMALISASI TATA RUANG KELAS DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG AKTIF DAN INOVATIF. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 8(3), 81–90.

Wachid, A., Hidayat, M. S., Satar, M., Mabruroh, F., Shofiyatun, S., Ikhram, F., Junaid, U. H., Pajarianto, H., Asri, Y. N., & Irvani, A. I. (2024). Manajemen Pengendalian Mutu Pendidikan. TOHAR MEDIA.

Zahorik, J. A. (1996). Elementary and secondary teachers’ reports of how they make learning interesting. The Elementary School Journal, 96(5), 551–564.

Zaini, T. B., & Ilmiati, A. (2024). IMPLEMENTASI STRATEGI MINDS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA SMP. Edupesantren: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pesantren dan Madrasah, 3(1), 79–87.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Terbitan

Bagian

Artikel