PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas V SDN 4 Ngembak. Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan penting yang perlu dikuasai siswa di era sekarang. Penelitian ini melibatkan 12 siswa, dengan hasil yang menunjukkan bahwa penerapan model PBL memberikan dampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Sebelum penerapan PBL, nilai rata-rata pretest siswa adalah 42,15, yang menunjukkan kemampuan yang masih rendah. Setelah perlakuan, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 81,25, yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan bantuan SPSS menghasilkan nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria yang ditentukan, hasil ini menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima, yang berarti penerapan model PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian, model pembelajaran Problem based learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas V SDN 4 Ngembak.


