PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA MUATAN PELAJARAN IPS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV
Abstrak
Fokus penelitian ini adalah pada pengembangan media interaktif pada pembelajaran IPS dengan tema “Kekayaan Budaya Indonesia”. Tujuannya adalah untuk mendapatkan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektif untuk kelas IPS kelas IV pada tema "Kekayaan Budaya Indonesia". Model penelitian ini merupakan studi pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima fase pengembangan yaitu: analisis, desain, pembuatan produk, implementasi, dan evaluasi. Produk ini dikembangkan dalam Power Point dan diubah ke format Apk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tambakroto 02 tahun ajaran 2024/2025. Data penelitian akan berasal dari hasil kajian tentang kelayakan dan kepraktisan media yang dirancang dan diimplementasikan. Berdasarkan pengembangan yang dilakukan, hasil validasi ahli diperoleh dengan skor 84% termasuk dalam kategori “sangat layak”, sedangkan angket reaksi guru dan siswa diperoleh dengan skor 84%. , termasuk dalam kategori "sangat layak". Nilai yang diperoleh sebesar 86%. Bersifat “doable”, media menunjukkan nilai sebesar 91% pada hasil tes tiruan berdasarkan jawaban siswa dan guru, mencapai 90% dalam kategori sangat baik.


