PENGARUH MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPAS KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Malva Aikanindo Syakira Universitas Islam Sultan Agung
  • Yulina Ismiyanti Universitas Islam Sultan Agung

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis menjadi sebuah kompetensi yang perlu ditingkatkan dalam proses pembelajaran, dengan tujuan memberikan penyesuaian untuk peserta didik salah satunya yaitu penerimaan informasi yang semakin pesat dengan berkembangnya teknologi. Mata pelajaran IPA menjadi salah satu mata pelajaran yang dapat diterapkan dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, yang dalam proses pembelajaran umumnya peserta didik dituntut untuk memecahkan sebuah permasalahan sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya secara logis. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media interaktif Quizizz paper mode (Quizizz mode kertas) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD tersebut. Jenis penelitian kuantitatif dengan menerapkan desain Pre-Experimental (non-designs) dengan teknik one group pre-test post-test designs. Dengan seluruh kelas di kelas V sebagai populasi penelitian, dengan pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berbentuk tes yaitu pre-test dan post-test dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis Hao ditolak dan Ha diterima, dengan hasil uji paired sample t-test yakni signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh sebab itu dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media Quizizz paper mode terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 1 Kaliwenang.

 

Diterbitkan

2025-08-30