Profil kemampuan afektif siswa SMP pada mata pelajaran IPA ditinjau dari gaya belajar
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi1988Kata Kunci:
Kemampuan Afektif, Gaya Belajar, Siswa SMP, IPAAbstrak
Abstrak Kemampuan afektif adalah salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai oleh siswa baik dalam kegiatan belajar mengajar ataupun di luar kegiatan belajar mengajar. Kemampuan afektif siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa hal termasuk gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan triangulasi sumber. Angket kemampuan afektif menjadi instrumen untuk mengambil data secara online melalui google form. Hasil data dari angket akan dianalisis menggunakan triangulasi sumber, hasil data dari subyek siswa akan dianalisis dengan data dari subyek lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan afektif yang dimiliki gaya belajar visual baik dengan semua indikator kemampuan afektif muncul. Kemampuan afektif pada gaya belajar visual juga baik dengan semua indikator kemampuan afektif muncul, namun kemampuan afektif gaya belajar kinestetik tidak baik dengan tidak adanya indikator kemampuan afektif yang muncul. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi praktisi maupun peneliti selanjutnya dalam menganalisis kemampuan afektif siswa dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Kata kunci: Kemampuan Afektif, Gaya Belajar, Siswa SMP, IPA.Referensi
Aliffah, dkk. “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa†Surakarta. 2013.
Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85-92.
Anggoto, Albi; SETIAWAN, Johan. Metodelogi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.
Anggraini, Kristya. Pengaruh Gaya Belajar dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Klco 2 Surakarta. 2012 .
Arini, Eviyanti “Analisis Miskonsepsi Siswa SD Kelas VI Pada Materi IPA Ditinjau Dari Gaya Belajar†Skripsi UMSIDA. 2017.
Basrowi,Ksiskandar “Evaluasi Belajar Berbasis Kinerjaâ€, Bandung,AKarya Putra Darwati, Tahun 2012 hal. 108
Bire, dkkAPengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Pascasarjana Universitas Nusa CendanaHTahun 2014).
Enco, Mulyasa, Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rodakarya. 2014.
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.
Hartati, Leny “Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar†jurnal formatif, 2015.
Khoeron,Ddkk Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi BelajarOSiswa Mata Pelajaran Produktif (JournalOof Mechanical EngineeringHEducation, Vol. 1, No.2, Desember 2014).
Kuslaila, M., Ningsih, E. F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Pair Checks Pada Materi Pokok Segitiga Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. JIPMat, 2(2).
Muamar, Abul Pentingnya Keseimbangan Aspek Kognitif dan Afekif Dalam Sistem Pendidikan. 2012.
Nyumirah, Sri. Peningkatan kemampuan interaksi sosial (kognitif, afektif dan perilaku) melalui penerapan terapi perilaku kognitif di rsj dr amino gondohutomo semarang. Jurnal Keperawatan jiwa, 2013,1.2.
Rezdabungcempaka, Indikator Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik; 2017
Rijal, Syamsu & Bachtiar. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif. Jenoponto. Hal 15-20. 2015.
Rosa, Friska O, “Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Paikomotorik†Vol 1, No 02, ISSN: 2443-2911. 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung; Alfabeta. 2011.
Sukanti, Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Akuntansi. 2011.
Sulistyowati, Fransiska Septiana. Pengaruh lingkungan sekolah dan pengetahuan terhadap perilaku kekerasan di kalangan pelajar. Diss. UNS, 2014.
Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. bionature, 16(1).
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).