Profil kemampuan afektif siswa SMP pada mata pelajaran IPA ditinjau dari gaya belajar

Aswar Anas, Septi Budi Sartika

Abstrak


Abstrak Kemampuan afektif adalah salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai oleh siswa baik dalam kegiatan belajar mengajar ataupun di luar kegiatan belajar mengajar. Kemampuan afektif siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa hal termasuk gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan triangulasi sumber. Angket kemampuan afektif menjadi instrumen untuk mengambil data secara online melalui google form. Hasil data dari angket akan dianalisis menggunakan triangulasi sumber, hasil data dari subyek siswa akan dianalisis dengan data dari subyek lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan afektif yang dimiliki gaya belajar visual baik dengan semua indikator kemampuan afektif muncul. Kemampuan afektif pada gaya belajar visual juga baik dengan semua indikator kemampuan afektif muncul, namun kemampuan afektif gaya belajar kinestetik tidak baik dengan tidak adanya indikator kemampuan afektif yang muncul. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi praktisi maupun peneliti selanjutnya dalam menganalisis kemampuan afektif siswa dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Kata kunci: Kemampuan Afektif, Gaya Belajar, Siswa SMP, IPA.

Kata Kunci


Kemampuan Afektif, Gaya Belajar, Siswa SMP, IPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aliffah, dkk. “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa†Surakarta. 2013.

Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85-92.

Anggoto, Albi; SETIAWAN, Johan. Metodelogi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Anggraini, Kristya. Pengaruh Gaya Belajar dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Klco 2 Surakarta. 2012 .

Arini, Eviyanti “Analisis Miskonsepsi Siswa SD Kelas VI Pada Materi IPA Ditinjau Dari Gaya Belajar†Skripsi UMSIDA. 2017.

Basrowi,Ksiskandar “Evaluasi Belajar Berbasis Kinerjaâ€, Bandung,AKarya Putra Darwati, Tahun 2012 hal. 108

Bire, dkkAPengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Pascasarjana Universitas Nusa CendanaHTahun 2014).

Enco, Mulyasa, Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rodakarya. 2014.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Hartati, Leny “Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar†jurnal formatif, 2015.

Khoeron,Ddkk Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi BelajarOSiswa Mata Pelajaran Produktif (JournalOof Mechanical EngineeringHEducation, Vol. 1, No.2, Desember 2014).

Kuslaila, M., Ningsih, E. F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Pair Checks Pada Materi Pokok Segitiga Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. JIPMat, 2(2).

Muamar, Abul Pentingnya Keseimbangan Aspek Kognitif dan Afekif Dalam Sistem Pendidikan. 2012.

Nyumirah, Sri. Peningkatan kemampuan interaksi sosial (kognitif, afektif dan perilaku) melalui penerapan terapi perilaku kognitif di rsj dr amino gondohutomo semarang. Jurnal Keperawatan jiwa, 2013,1.2.

Rezdabungcempaka, Indikator Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik; 2017

Rijal, Syamsu & Bachtiar. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif. Jenoponto. Hal 15-20. 2015.

Rosa, Friska O, “Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Paikomotorik†Vol 1, No 02, ISSN: 2443-2911. 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung; Alfabeta. 2011.

Sukanti, Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Akuntansi. 2011.

Sulistyowati, Fransiska Septiana. Pengaruh lingkungan sekolah dan pengetahuan terhadap perilaku kekerasan di kalangan pelajar. Diss. UNS, 2014.

Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. bionature, 16(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v1i1.988

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools: